fbpx
28.2 C
Hong Kong
29 Juli 2021

Profil Ustadz: Sukron Makmun

- Advertisement -

DDHK.ORG — SUKRON MAKMUN lahir pada hari Senin, 7 Dzul-hijjah 1401 H., bertepatan dengan 5 Oktober 1981 di Demak, Jawa Tengah.

Dia telah mengembara ke berbagai penjuru dunia untuk mencari ilmu dan pengalaman. Diantaranya adalah Mesir, Hijaz (Saudi Arabia), Jordania, Qatar, Iran, Azerbaijan, Turki, Georgia, Tiongkok, Hong Kong, Macau dan beberapa negeri di kawasan Asia Tenggara. Beberapa kota tempat ilmu dan peradaban Islam bertumbuh-kembang, seperti Mekah, Madinah, Jeddah, Kairo, Iskandariyah, Ismailiyah, Sharmu as-Syeikh, Isfahan, Shiraz, Nishapur (Naisabur), Khurasan, Qom, Istanbul, telah ia singgahi.

Riwayat Pendidikan

Sukron Makmun menjalani Pendidikan SLTA di periode tahun 1996-2000 di Madrasah Aliyah Khusus sekaligus mondok di Pesantren Futuhiyyah, Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Dia kemudian menyelesaikan Pendidikan S1 pada tahun 2004, dengan mengambil Jurusan Akidah & Filsafat, Fakultas Ushuluddin (Lc.), Al-Azhar University, Kairo, di Republik Arab Mesir.

Sedangkan Pendidikan pasca sarjananya ditempuh di Islamic School of Thought University–Tehran, Republik Islam Iran. Ia lulus pada tahun 2011 untuk jenjang pendidikan S2, dengan mengambil studi tentang Tata Negara/Public Law (LLM.). Sukron kemudian melanjutkan pendidikan S3 bidang Akidah dan Filsafat Islam di Universitas Darussalam-Gontor, Jawa Timur.

Pengalaman Organisasi

Sukron Makmun sangat aktif di dunia organisasi. Hal itu dia mulai dengan menjadi Sekretaris Redaksi Buletin Formula Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI-NU) Republik Arab Mesir pada tahun 2000. Tiga tahun kemudian (2003), ia tampil sebagai Pemimpin Redaksi Buletin Informatika ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) Orsat Kairo, Republik Arab Mesir.

Pada periode tahun 2003-2004, Sukron Makmun menjabat Koordinator KAIFA (Kajian Ilmu Filsafat] Senat Fakultan Ushuluddin Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kairo. Ia juga aktif di Litbang Buletin Informatika ICMI Orsat Kairo sejkaligus sebagai Koordinator Departmen Media dan Komunikasi lembaga yang sama pada tahun 2004.

Pada periode tahun 2002-2004, Sukron Makmun sempat menjabat sebagai Koordinator Divisi Pengkaderan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PCI-NU Republik Arab Mesir.

Aktivitasnya di dunia keorganisasian berlanjut dengan menjadi Ketua Bidang Kebudayaan & Tata Nilai PERHATI (Perhimpunan Alumni Tiongkok) pada periode tahun 2016-2019. Pada periode yang sama, ia juga menjadi anggota Komisi Pengkajian & Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten.

Pada periode tahun  2018-2023, Sukron Makmun menjabat Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Banten. Selanjutnya, pada tahun 2019 ia terdaftar sebagai Duta Dakwah (Dai Ambassador) Dompet Dhuafa.

Ia juga menjabat Wakil Sekjen PERHATI periode kepengurusan 2019-2022. Selain, menjadi anggota Komite Dakwah Khusus MUI periode 2019-2024. Di periode yang sama, dia juga menjabat sebagai anggota Badan Arbitrase Syariah Nasional (Perwakilan Banten).

Pria yang memiliki kemampuan berbahasa Arab, Persia, dan Inggris ini juga tercatat sebagai anggota Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI Provinsi Banten untuk periode 2019-2021.

Riwayat Pekerjaan

Sukron Makmun pernah bekerja sebagai dosen di STIKOM Prosia, Jakarta, pada periode tahun 2014-2015. Ia juga sempat menjadi Koordinator proyek Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama RI pada periode tahun 2014-2016. Selain, menjadi Staf Fungsi Protokol dan Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia di Baku, Republik Azerbaijan pada periode tahun 2012-2014.

Untuk pengalaman pada forum nasional dan internasional, Sukron Makmun pernah menjadi delegasi Indonesia dalam program ASEAN Young Leaders di Nanning, Republik Rakyat Tiongkok, yang diselenggarakan pada 16 Oktober-13 November 2014. Ia juga sempat mengikuti dan menjadi pemakalah pada acara International Conference on Religious Issues in Indonesia and Malaysia (ICRIIM), 2-3 Agustus 2019 silam.

Pada 28 Agustus-1 September 2019, Sukron Makmun mengikuti dan mempresentasikan makalah yang berjudul “Imam Zarkasyi and Said Nursi’s Fundamental Concepts of Islamic Education (Cultural and Philosophical Approach)” pada acara 10th International Graduate Conference on Risale-I Nur Studies, atas undangan dari Istanbul Foundation for Science and Culture, Istanbul, Turki. Sejak tahun 2015, ia juga sering diundang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar nasional yang diselenggarakan oleh universitas-universitas Islam maupun forum di luar kampus.

Tampil di Layar Lebar

Sejak tahun 2014, Sukron Makmun beberapa kali tampil di layer kaca televisi nasional. Diantaranya, tampil di 35 episode program Cahaya Hati yang ditayangkan oleh ANTV. (video: https://www.youtube.com/watch?v=TA-YaUmk6r8). Ia juga pernah tampil di Metro TV, baik sebagai pembicara atau sebagai panelis di program Q&A (video: https://www.youtube.com/watch?v=ICECIsRAGqA, dan https://www.youtube.com/watch?v=0qHlAV1kupQ).

Tulisan dan Karya

Sukron Makmun aktif menulis dan menjadi contributor atau narasumber di majalah, koran, dan media online, baik yang berskala lokal maupun nasional. Diantaranya, di Antara News, Detik, Kompas, Republika, NU-Online, nukita, syiarnusantara, kbknews, muslim.okezone, kabar-banten, antvklik, dan suarakeadilan.

Adapun dalam bentuk buku yang pernah dicetak adalah: Moderatisme Islam dalam Konteks Indonesia Kekinian (Februari 2020), Percakapan Sehari-hari Azerbaijan-Inggris-Indonesia (Daily Conversation Azerbaijan-English-Indonesia—sebagai penyunting sekaligus kontributor, 2013), Law Compilations of Indonesia-Azerbaijan on Immigration (penyunting sekaligus kontributor, 2013), Law Compilations of Indonesia-Azerbaijan on Labor (penyunting sekaligus kontributor, 2013), dan A Compilation of Family Code of Indonesia-Azerbaijan (Editor and Contributor, 2013).

Buku lainnya, Percakapan Sehari-hari Indonesia-Azerbaijan [Daily Conversation Indonesia-Azerbaijan]–(penyunting sekaligus kontributor, 2012), Women’s Political Rights in Islamic Jurisprudence, Rights of Iran and Indonesia (Tesis, 2011), Orang Kaya yang Mengikuti Iblis; Untaian Bahasa Hati (2011), OBSESI (Obrolan Sekitar Islam) di Sudut Tehran (2009), SAKKARA; Antologi puisi (2004), Melukis Sahara; Antologi puisi (Kontributor, 2004), Diskursus Kontekstualisasi Pemikiran Islam (Penyunting, 2003), Sosiologi Pemikiran Islam (Kontributor, 2003), dan Mengejar Cahaya; Antologi puisi (Kontributor, 2001).

Bagi yang ingin mengenal lebih lanjut tentang Sukron Makmun, bisa mengontak beliau di nomor telepon +6281290429217, Email: myla007@yahoo.com atau sukronaze2012@gmail.com. Atau, bisa mengunjungi blog: https://sukronjkt14.blogspot.co.id dan Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=TA-YaUmk6r8.[DDHK News]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong

REKOMENDASI UNTUK DIBACA

296 KOMENTAR

Stay Connected

29,697FansSuka
580PengikutMengikuti
405PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

KABAR TERBARU

- Advertisement -spot_img
×