ArtikelKonsultasi

Doa untuk Orang yang Sakit Berkepanjangan atau Koma

Doa untuk Orang yang Sakit Berkepanjangan atau Koma

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Saya minta tolong diajarin doa agar orang yang mau meninggal dipermudah meninggalnya, pak Ustadz. Karena saya mau bantu orang tua saudara saya yang sedang sakit. Sudah 3 hari tidak sadarkan diri. Badannya sudah dingin tapi masih bernapas.

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Kematian adalah sebuah kepastian. Jika ajal sudah tiba, ia tidak bisa dimajukan waktunya ataupun ditangguhkan, meskipun hanya sebentar saja. Memperbanyak amal shalih sebanyak mungkin serta menjauhi maksiat adalah bekal paling utama menghadapi kematian.

Jika kita dihadapkan pada seseorang yang mengalami sakit yang berkepanjangan, bahkan sampai koma dan sebagainya, maka hendaknya kita mendoakan yang terbaik untuk orang tersebut. Diantara doanya adalah:

اللهُمَّ أَحْيِهِ مَا كَانَتِ الْحَيَاةُ خَيْرًا لَهُ، وَتَوَفَّهُ إِذَا كَانَتِ الْوَفَاةُ خَيْرًا لِهُ

“Ya Allah, hidupkan ia jika hidup lebih baik baginya. Dan wafatkan ia jika kematian lebih baik baginya”. (Untuk orang sakit laki-laki)

Atau:

اللهُمَّ أَحْيِهَا مَا كَانَتِ الْحَيَاةُ خَيْرًا لَهَا، وَتَوَفَّهَا إِذَا كَانَتِ الْوَفَاةُ خَيْرًا لِهَا

“Ya Allah, hidupkan ia jika hidup lebih baik baginya. Dan wafatkan ia jika kematian lebih baik baginya”. (Untuk orang sakit perempuan)

Kita juga bisa membacakan Surat Yasin bagi orang tersebut. Sebagaimana hadits yang berbunyi:

عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “اقْرَءُوا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ” رواه أحمد وأبو داود)

Dari Ma’qil bin Yasar radliyallahu anhu, berkata: Rasulullah shallallãhu alaihi wasallam bersabda: “Bacakan (Surat) Yasin untuk orang (yang mau) meninggal dunia (diantara) kalian”. (H.R. Ahmad & Abu Dawud)

Ulama memandang baik membaca Yasin untuk orang yang mau meninggal dunia karena di dalamnya terdapat poin-poin penting tentang tauhid, hari kebangkitan, dan berita gembira tentang surga bagi orang yang meninggal dalam keadaan bertauhid.

Semoga bermanfaat.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×