ArtikelKonsultasi

Lagi, Soal Sholat di Atas Tempat Tidur

Lagi, Soal Sholat di Atas Tempat Tidur

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Masalah sholat di atas tempat tidur sambil duduk, tapi cuma di waktu sholat Tahajjud dan Shubuh saja, karena anak majikan saya suka bangun dan keluar kamar kalau saya sholat di kamar. Saya tidur satu kamar dengan anak majiakn saya.

Mohon nasehatnya, Pak Ustadz.

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Berdiri bagi yang mampu merupakan salah satu rukun sholat, khususnya sholat fardlu. Adapun untuk sholat sunnah, maka dibolehkan sambil duduk, bahkan berbaring (miring ke kanan) asalkan tidak terlentang, meskipun mampu untuk berdiri. Hal demikian karena dalam kaidah fiqih disebutkan bahwa:

النفل أوسع من الفرض

“Sunnah itu lebih luas dibandingkan fardlu”.

Termasuk dari maksud kaidah di atas adalah ibadah sunnah itu lebih fleksibel dibandingkan dengan ibadah fardlu.

Adapun sholat di atas Kasur, bahkan yang empuk sekalipun, itu dibolehkan. Pastikan kasur yang kita gunakan harus suci dari najis. Hanya saja sholat di atas kasur mungkin kurang nyaman jika dibandingkan dengan sholat di atas lantai. Meski demikian, sholat di atas lantai meskipun dengan sajadah itu lebih baik dibandingkan dengan sholat di atas Kasur, apalagi yang empuk, terkecuali bagi orang yang sedang sakit misalnya.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  1. Sholat fardlu boleh dilakukan di atas kasur tapi tetap dengan berdiri, bukan duduk (kecuali bagi yang tidak mampu berdiri karena sakit misalnya)
  2. Adapun sholat sunnah seperti tahajjud, dluha, dan sebagainya, boleh dilakukan di atas kasur dan sambil duduk meskipun dalam keadaan mampu berdiri.

Untuk masalah menjaga anak majikan yang suka keluar kamar kalau ibu sedang sholat, mungkin bisa dikondisikan sebaik mungkin agar ia tidak keluar kamar lagi, seperti dengan cara mengunci kamar atau memberinya pengertian dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×