ArtikelKesehatan

Sering Pusing di Pagi Hari, Ini Penyebabnya

DDHK.ORG — Apakah Sobat Migran sering merasa lemas dan kepala pusing saat bangun tidur di pagi hari? Jika ya, yuk kita kenali penyebabnya berikut ini.

Pertama, dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat menjadi salah satu penyebab bangun dengan kepala berputar atau pusing.

Menurut Harvard Health Publishing, ketika Anda tidak mendapatkan cukup cairan, volume darah Anda menurun dan tekanan darah Anda turun. Hasilnya, otak Anda tidak mendapatkan cukup darah, dan Anda merasa pusing.

Untuk mengurangi pusing akibat dehidrasi, Anda perlu mengisi kembali cairan, jadi minumlah banyak air agar tetap terhidrasi.

Kedua, tekanan gula darah rendah atau hipoglikemia. Ketika Anda tidak memiliki cukup glukosa (yang merupakan sumber bahan bakar utama tubuh Anda), sistem Anda melambat untuk melindungi diri mereka sendiri, termasuk otak Anda, menurut Harvard Health Publishing. Itu sebabnya Anda mungkin bangun dengan pusing atau bahkan sedikit bingung.

Menurut Mayo Clinic, gejala lain dari gula darah rendah meliputi:

  1. Detak jantung tidak teratur atau cepat.
  2. Kelelahan.
  3. Kulit pucat.
  4. Kecemasan.
  5. Berkeringat.
  6. Kelaparan.
  7. Sifat mudah marah.
  8. Kesemutan atau mati rasa pada bibir, lidah, atau pipi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin hanya perlu makan atau minum sesuatu yang manis seperti segelas jus jeruk.

Ketiga, efek samping konsumsi obat tertentu. Misalnya, obat hipertensi dapat menurunkan tekanan darah Anda terlalu rendah, menyebabkan pusing.

Selain itu, diuretik dapat menyebabkan dehidrasi, yang, seperti yang sudah kita ketahui, dapat menyebabkan pusing, menurut Harvard Health Publishing.

Jika Anda merasa obat Anda membuat Anda pusing, bicarakan dengan dokter Anda, yang mungkin dapat menyesuaikan dosis Anda atau meresepkan obat lain.

Keempat, vertigo. Jika Anda terbangun dengan sensasi ruangan berputar, Anda mungkin mengalami vertigo, yang sering disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam.

“Saluran setengah lingkaran di telinga bagian dalam memiliki cairan yang bergerak saat kepala kita bergerak, dan terkadang pembentukan batu (disebut otolith) mengganggu aliran cairan. Gangguan ini menyebabkan pusing.”

Untuk mengatasi vertigo, kunjungi dokter Anda, yang mungkin memilih untuk melakukan prosedur.

Kelima, bangun tidur terlalu cepat. Ketika Anda melompat dari tempat tidur terlalu cepat, Anda mungkin melihat kepala Anda terasa agak kabur. Memang, terbangun tiba-tiba dari posisi terlentang ke posisi tegak bisa membuat kepala pusing dan ruangan terasa berputar.

Hal ini sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba yang dapat terjadi ketika seseorang berdiri. Selain itu, masalah ini menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.

Luangkan waktu Anda. Bangun dari tempat tidur secara bertahap akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan posisi dan tetap stabil. Cara ini sangat penting terutama bagi orang tua, karena pusing dapat meningkatkan risiko jatuh. [Sumber: CNN Indonesia] [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×