fbpx
16.3 C
Hong Kong
17 Januari 2021

Sudan Tangkap Pemimpin Gerakan Islam Hasan Al-Turabi

- Advertisement -

DDHK News — Pasukan keamanan Sudan hari Selasa menangkap tokoh gerakan Islam Sudan sekaligus pemimpin oposisi Hassan al-Turabi. Saksi mata mengatakan, penangkapan dilakukan sehari setelah partai Turabi menyerukan “revolusi populer” jika pemerintah Khartoum tidak menekan harga-harga yang merangkak naik.

“Mereka membawanya dengan banyak mobil keamanan. Mereka bentrok dengan salah satu staf dan menangkapnya,” kata sekretaris Turabi, Awad Babiker, kepada Reuters (18/1).

Hari Minggu lalu kelompok oposisi Sudan mengancam turun ke jalan jika pemerintah tidak memecat menteri keuangan dan membongkar parlemen atas keputusannya menaikkan harga pada berbagai barang. Kenaikan harga telah memicu protes mahasiswa di jantung utara pertanian negara itu.

Penangkapan Turabi terjadi ketika Tunisia dilanda kerusuhan yang dipicu oleh keluhan sosial dan berujung pada penyingkiran Presiden Zine al-Abidine Ben Ali.

Penggulingan Ben Ali menggema di seluruh dunia Arab dan meningkatkan kekhawatiran tentang stabilitas di negara-negara lain di kawasan tersebut yang punya masalah serupa dengan Tunisia.

Penangkapan Turabi juga terjadi saat yang sensitif secara politis bagi pemerintah Presiden Sudan, Omar Hassan al-Bashir. Ia kehilangan kontrol atas wilayah selatan yang kaya minyak dalam referendum sebagai bagian dari perjanjian perdamaian 2005 untuk mengakhiri perang saudara utara-selatan.

Sudan juga dilanda krisis ekonomi. Bulan ini Khartoum memotong subsidi produk minyak dan gula. Kebijakan itu memicu protes selama seminggu terakhir.

Pemimpin gerakan Islam, al-Turabi, keluar-masuk penjara sejak ia keluar dari partai yang berkuasa pimpinan al-Bashir tahun 1999/2000.

Pasukan keamanan memblokir jalan menuju rumah Turabi. Lima mobil polisi penuh senjata berat mengawalnya pergi. Keluarganya hanya bisa menonton dan meneriakkan takbir “Allahu Akbar”.

BACA JUGA:  Luncurkan Program Madrasah Perantau Online, DDHK Berikan Kajian Komprehensif untuk Pekerja Migran

Khartoum telah lama mengkhawatirkan pengaruh Turabi. Ulama ini dipercaya banyak pendukungnya dan sebagian berada di posisi kunci di kalangan tentara dan polisi. Turabi dibebaskan setelah kesepakatan damai utara-selatan tahun 2005 yang mensyaratkan pembebasan semua tahanan politik. (Mel/Rtr/The Star).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong

Are Your Skills Up-To-Date For The Future Of Work? Here’s How...

Are Your Skills Up-To-Date For The Future Of Work? Here's How To Tell As an employee amidst the coronavirus pandemic, you may be looking at...
DD Jabar Terjunkan Relawan ke Lokasi Bencana Tanah Longsor di Sumedang

DD Jabar Terjunkan Relawan ke Lokasi Bencana Tanah Longsor di Sumedang

DDHK.ORG -- Dompet Dhuafa Jawa Barat (DD Jabar) menerjunkan relawan kemanusiaan ke lokasi bencana tanah longsor di Kampung Bojong Kondang, Desa Sawah Dadap, Kecamatan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,809FansSuka
483PengikutMengikuti
213PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×