BeritaDunia Islam

Lagi, Walikota Muslim Menangi Pemilu London

Sadiq Khan kembali terpilih menjadi Walikota London, Inggris. Walikota Muslim ini memenangi pemilu lokal yang digelar pada hari Sabtu (4/5/2024), mengalahkan kandidat dari Partai Konservatif, Susan Hall.

Yang luar biasa, ini adalah untuk ketiga kalinya Sadiq Khan terpilih sebagai walikota London. “Sungguh suatu kehormatan untuk terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga,” kata Khan, seperti dikutip CNN Indonesia dari Middle East Eye.

“Kami menjalankan kampanye sesuai dengan semangat dan nilai-nilai kota besar ini (London),” ujarnya.

London, tegas Khan, merupakan sebuah kota yang menganggap keberagaman sebagai kekuatan dan menolak populisme sayap kanan. Hal itu seolah menyindir lawannya, Susan Hall yang saat kampanye menggemakan narasi Islamofobia untuk merebut London dari Partai Buruh.

Pada Oktober 2023, Susan Hall mengatakan beberapa orang Yahudi di London takut dengan Khan yang dituding memecah belah. Dia mengklaim tinggal di London utara dan memahami kegembiraan komunitas Yahudi.

“Namun ada hal lain yang saya beritahukan kepada Anda, saya tahu betapa takutnya sebagian masyarakat karena sikap Sadiq Khan yang memecah belah,” ujar Hall.

Dia lantas menegaskan jika terpilih akan melindungi semua orang, terutama komunitas Yahudi.

Alilh-alih mendapatkan dukungan, pernyataan Hall justru memicu kemarahan di ibu kota Inggris itu. Gerakan Buruh Yahudi bahkan menyebut komentar Hall sebagai politik peluit.

Dewan Muslim juga buka suara. Mereka menyoroti narasi Islamofobia yang sistemik di Partai Konservatif.

Khan menjadi Wali Kota London sejak 2016. Selama ini, dia dikenal berani dan toleran. Dia bergabung dengan bagian Partai Buruh yang mendukung gencatan senjata segera di Gaza.

Baca juga:

×