fbpx
20.4 C
Hong Kong
5 Maret 2021

Ribuan Muslim Afrika Tengah Mengungsi

- Advertisement -

ribuan-muslim-republik-afrika-tengah-car-mengungsiDDHK News, Afrika Tengah — Karena kekerasan meningkat di Republik Afrika Tengah (CAR), puluhan ribu Muslim telah tiba di Chad, meninggalkan negeri mereka untuk menyelamatkan diri dari pembunuhan, penjarahan dan pelecehan oleh milisi Kristen bersenjata.

Selama beberapa minggu terakhir, ribuan Muslim sipil yang ketakutan melarikan diri untuk menyelamatkan hidup mereka dari usaha pembunuhan, penjarahan dan pelecehan seksual oleh milisi bersenjata dari mayoritas Kristen di kota itu. Amnesty International mengatakan ada upaya pembersihan etnis Muslim.

“Saya bertemu dengan seorang kakak dan adik, keduanya berusia 60-an, yang tiba di Bitoye dengan berjalan kaki,” Anthony Thouvenin, koordinator Médecins Sans Frontières (MSF) atau dokter tanpa batas di proyek darurat di perbatasan Chad-CAR.

“Suami-istri dan anak-anak mereka tewas dan mereka berhasil melarikan diri bersama-sama ke Chad.”

Organisasi medis internasional, Medecins Sans Frontieres (Dokter Tanpa Batas) memperingatkan dari situasi yang tidak baik bagi pengungsi Muslim di Chad, terutama wanita dan anak-anak.

Menurut organisasi tersebut, sekitar 35.000 pengungsi telah mengalami perjalanan melelahkan ke Chad, bepergian dengan truk dan berjalan kaki sepanjang ratusan kilometer.

“Di Bitoye, sebagian besar pengungsi dan orang-orang Chad yang pulang berasal dari Bocaranga atau Paoua,” kata Thouvenin.

“Kebanyakan adalah wanita. Mereka yang memiliki uang datang naik truk, dengan sedikit barang bawaan, dan yang lainnya berjalan kaki. Mereka tidak memiliki apa-apa. Terdapat juga 50 anak-anak yang datang sendirian.”

Sesampainya di perbatasan Chad, pengungsi yang sangat kelelahan menghadapi kelaparan dan penyakit.

Di Bitoye, sekitar 10 kilometer dari perbatasan Republik Afrika Tengah, pengungsi membuat tempat perlindungan di bawah pohon mangga.

Koordinator  MSF di Bitoye mengatakan, “Dalam tiga hari, tim medis kami telah melihat 19 anak-anak menderita malnutrisi akut yang parah.”

“Penyakit yang utama adalah malaria, diare dan infeksi saluran pernapasan,” kata Thouvenin.

“Sepanjang jalan, orang begitu berdesakan dalam truk yang beberapa di antaranya jatuh dan mengalami patah tulang.

Satu-satunya rumah sakit terdekat berjarak 2.5 jam perjalanan dari Bitoye.  “Rumah sakit ini dibanjiri pengungsi dan orang-orang yang kembali,” laporan Thouvenin. (mel/onislam.net/muslimdaily.net/rol/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,471FansSuka
552PengikutMengikuti
264PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×