fbpx
20 C
Hong Kong
5 Maret 2021

Wanita Haid Boleh Membaca Al-Quran?

- Advertisement -

alQuranAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Apakah wanita yang sedang haid boleh membaca Al-Quran? Jika membaca Al-Qurannya melalui handphone, boleh tidak?

Jawab: Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Para ulama sepakat bahwa orang yang sedang haid tidak boleh menyentuh mushhaf (Al-Qur’an) secara langsung. Jadi, larangan memegang mushhaf secara langsung adalah kesepakatan ulama.

Sedangkan tentang hukum membaca Al-Qur’an bagi wanita yang haidh, para ulama berbeda pendapat.

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa wanita yang haidh tidak boleh membaca Al-Qur’an. Hal ini berdasarkan pada hadits riwayat Ali ra: “Tidak ada yang menghalangi Rasulullah saw membaca Al-Qur’an selain junub.” (HR Tirmidzi).

Mereka juga mengqiyaskan (qiyas aula) wanita haidh dengan orang yang junub. BIla junub saja tidak boleh membaca Al-Qur’an maka wanita yang haidh lebih layak untuk tidak membaca Al-Qur’an.

Mereka juga berhujjah dengan hadits riwayat Ibnu Umar bahwa Rasulullah saw bersabda, “Orang yang junub dan haidh tidak boleh membaca Al-Qur’an.” (HR Ibnu Majah). Hanya saja, banyak ulama hadits yang menghukumi bahwa hadits ini lemah.

Sebagian ulama lain berpendapat, wanita yang haidh boleh membaca Al-Qur’an. Mereka berpendapat, mengqiyaskan haidh dengan junub tidak tepat. Ada perbedaan di antara keduanya. Sedangkan hadist yang melarang wanita haidh membaca Al-Qur’an adalah hadits lemah. Dengan begitu, bila tidak ada ketentuan yang kuat maka hukumnya kembali pada hukum asal.

Ulama yang berpendapat bagi wanita haidh boleh membaca Al-Qu’an adalah Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim, dan yang lainnya.
Wallahu a’lam. (Ust. Abdul Rochim,  http://zakat.or.id).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Hukum Bekerja dan Menabung di Koperasi Simpan-Pinjam

Hukum Bekerja dan Menabung di Koperasi Simpan-Pinjam

TANYA: Assalamu'alaikum. Ustadz Maaf saya mau tanya, bagaimana hukumnya bekerja di koperasi simpan-pinjam dan menabung di koperasi tersebut? Terima kasih sebelumnya. Salam, Fulanah JAWAB: Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Koperasi simpan-pinjam itu sangat baik...
Membedakan Masalah sebagai Ujian atau Peringatan

Membedakan Masalah sebagai Ujian atau Peringatan

TANYA: Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ustadz, saya mau bertanya. Bagaimana kita tahu masalah yang sedang kita hadapi itu ujian atau peringatan dari Allah SWT atas dosa yang...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,471FansSuka
552PengikutMengikuti
263PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×