fbpx
13.3 C
Hong Kong
18 Januari 2021

Sri Lanka Usir 161 Anggota Jamaah Tablig

- Advertisement -

Pemerintah Sri Lanka mengusir 161 anggota Jamaah Tablig (JT) dari luar negeri dengan tuduhan melanggar aturan visa. Mereka berdakwah di masjid-masjid, padahal masuk ke Sri Langka menggunakan visa turis.

“Mereka tidak memiliki hak untuk berceramah di masjid-masjid karena tiba dengan menggunakan visa turis,” ujar Kepala Imigrasi Sri Lanka, Chulananda Perera, Senin (22/1). “Mereka telah melanggar hukum imigrasi. Visa turis tidak untuk berkhotbah tentang agama Islam,” imbuhnya dikutip kantor berita AFP.

Menurutnya, beberapa Muslim lokal mengeluhkan isi ceramah mereka yang tidak mengajarkan bentuk moderat Islam. Ia menambahkan, para anggota JT itu memiliki visa berlibur dan mengunjungi kerabat dan keluarganya, bukan untuk berceramah tentang Islam. Aktivis dakwah  JT asal Bangladesh, India, Pakistan, Maladewa, dan negara Arab itu harus meninggalkan Sri Lanka pada 31 Januari.

Jamaah Tabligh adalah gerakan Islam internasional yang populer di Sri Lanka. Mereka tiba bulan lalu. Perera juga mengatakan, beberapa Muslim setempat komplain karena mereka tidak mengajarkan Islam yang moderat. “Pengkhutbah asing yang ingin mengajarkan Islam di Sri Lanka harus meminta izin pada departemen agama,” tegas Perera.

Sebuah sumber mengatakan kepada BBC, JT memiliki tradisi mengirimkan anggotanya untuk berceramah ke tempat-tempat ibadah, mengajak umat Islam untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk iman mereka dan bertindak lebih saleh. “Setiap gagasan bahwa mereka adalah militan itu menggelikan,” sumber tersebut menambahkan.

Muslim Sri Lanka diperkirakan berjumlah 9% dari total penduduk. Umat Islam Sri Lanka merupakan kelompok minoritas ketiga setelah etnis Sinhala dan Tamil. (Mel/Bbc/Rnw/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Hidup Saya Banyak Sekali Cobaannya

Hidup Saya Banyak Sekali Cobaannya

TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Pak saya mau tanya. Kenapa hidup saya banyak sekali cobaannya? Apakah karena banyaknya dosa yang sudah saya lakukan? Mulai dari masalah keluarga, sampai saya...
Cara Menghafal Al-Quran

Cara Menghafal Al-Quran

TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Mohon maaf pak Ustadz, saya mau tanya tentang  bagaimana cara mengatur waktu antara murojaah hafalan dan menambah hafalan ayat? Terima kasih. Salam, Fulanah JAWAB: Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Membaca Al-Qur'an...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,816FansSuka
483PengikutMengikuti
215PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×