fbpx
11.7 C
Hong Kong
19 Januari 2021

Salah Faham tentang Islam Rugikan Semua Pihak

- Advertisement -

Ulama Indonesia, Dr. Kiai Achmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, keliling Eropa atas undangan sebuah LSM Swedia. Di Denmark, Belgia, dan Belanda, Gus Mus bertemu banyak pejabat tinggi dari perdana menteri sampai LSM-LSM setempat.

Gus Mus prihatin akan kondisi dunia yang dikuasai oleh ideologi kebencian akibat kesalahfahaman tentang Islam yang sering digambarkan sebagai agama teror. Hal itu tidak saja merugikan ummat Islam, tetapi juga masyarakat dunia internasional yang menghargai peradaban.

Reporter Bari Muchtar dari Radio Nederland mewawancarai Gus Mus setelah memberikan cemarah di Universitas Leiden.

Gus Mus (GM) : Antara mereka yang benci Islam dengan mereka yang mengebu-ngebu menggunakan Islam sebagai ideologi bagi kepentingannya ini bertemu di sana ( red: Eropa). Ada orang orang seperi Usamah bin Laden yang menggunakan Islam untuk kepentingannya. Orang yang tidak tahu dia akan membenarkan aksi bin Ladin sebagai ajang Islam. Sementara yang non-Muslim yang punya agenda politik sendiri dia kemudian menggunakan ini. Itulah Islam. Islam itu yang seperti bin-Laden itulah. Itu contohnya.

Radio Nederland (RN) : Seperti di Belanda ada Geert Wilders (red: ketua PVV Partai populis kanan)?

GM : Ya. Saya tidak yakin kalau Wilders itu menggunakan isu Islam karena keyakinan tapi karena politik. Dia seorang politisi yang ulung sekali. Dia sangat pinter sangat cerdas mengambil kesempatan-kesempatan untuk dikendarai oleh kepentingan politiknya.

RN : Jadi misi Anda misi perdamaian, memperlihatkan Islam yang damai.

GM : Bukan Islam yang damai. Islam itu agama damai.

BACA JUGA:  Luncurkan Program Madrasah Perantau Online, DDHK Berikan Kajian Komprehensif untuk Pekerja Migran

RN : Islam sebenarnya, Islam itu damai. Di barat orang melihat kejadian-kejadian di Indonesia seperti yang disebutkan tadi yang ekstrem-ekstrem itu. Misalnya Front Pembela Islam atau FPI.

GM : Di setiap kelompok ada kaum ekstrem, tidak hanya di Islam saja. Ada juga di Katolik, Protestan, di mana saja. Selalu ada orang-orang yang belum paham agamanya, tetapi tidak mau belajar agamanya karena menganggap dia sudah memahami agama itu seutuhnya. Ini selalu yang membuat masalah. Selalu membuat masalah. Itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi di mana-mana. Kalau ada orang yang tidak paham agamanya kemudian merasa paham lalu tidak mau belajar tentang agamanya, dia akan menjadi masalah di masyarakat.

BACA JUGA:  Senin, Pusat Manajemen Bencana DD Terjunkan 7 Tim ke Lokasi Pencarian Korban Sriwijaya Air

RN : Jadi Front Pembela Islam itu tidak memahami agama yang betul ?

GM : Ya! Mereka membaca Qur’an itu tidak dibaca rohnya, tidak dibaca maknanya. Bayangkan yang disebut agama, rahmah agama kasih-sayang. Yang Rassulnya Mohammad tidak diutus kecuali untuk menebarkan kasih-sayang.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Cara Bantu Orang Sakit berwudlu

Cara Bantu Orang Sakit berwudlu

TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Mohon maaf saya mengganggu aktivitas Ustadz. Mohon pencerahannya soal wudlu. Bagaimana cara kita membantu orang yang lagi sakit dan sudah tidak bisa lagi bergerak....
Hidup Saya Banyak Sekali Cobaannya

Hidup Saya Banyak Sekali Cobaannya

TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Pak saya mau tanya. Kenapa hidup saya banyak sekali cobaannya? Apakah karena banyaknya dosa yang sudah saya lakukan? Mulai dari masalah keluarga, sampai saya...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,818FansSuka
483PengikutMengikuti
215PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×