Kelas

Kelas Perencanaan Keuangan

Setiap orang menginginkan penghasilan atau gaji yang bisa mencukupi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Orang-oang yang merasa gajinya kecil menginginkan gaji yang besar. Akan tetapi, ketika sudah memiliki gaji yang besarpun, terkadang kita tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Katakanlah Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di Hong Kong, mereka datang jauh-jauh ke Hong Kong untuk bekerja, tentunya dengan tujuan agar dapat meningkatkan penghasilan dan merubah taraf hidup keluarganya di kampung halaman.

Gaji yang mereka terima tergolong besar untuk ukuran di Indonesia. Rata-rata mereka mendapatkan gaji sekitar HK$ 4,500 atau setara dengan Rp 8.000.000 lebih. Angka tersebut sudah lebih dari cukup untuk kehidupan di kampung halamannya.

Akan tetapi, kita masih saja menemukan banyak pekerja migran yang memiliki masalah keuangan seperti hutang, tertipu, uang habis tidak jelas arahnya, tidak ada tabungan, ikut investasi bodong, dihabiskan oleh keluarganya di rumah, dan masalah keuangan lainnya.

Baca juga:

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa Hong Kong juga turut aktif mengkampanyekan pelatihan perencanaan keuangan yang dilakukan oleh Enrich, NGO (Non Government Organization) di Hong Kong yang konsen dalam memberikan pelatihan dan pendampingan keuangan kepada para migran di Hong Kong.

Apa itu Enrich?

Enrich adalah Lembaga di Hong Kong yang mempromosikan pengembangan pribadi dan ekonomi bagi para pekerja migran.

Enrich dapat membantu pekerja migran untuk menabung, mengatur keuangan, dan merencanakan masa depan melalui program pendidikan keuangan dan pengembangan pribadi.

Apa saja jenis pelatihannya?

Ada tiga bidang pelatihan utama yang diberikan, diantaranya program keuangan, program pemberdayaan diri, dan program tambahan.

  1. Program Keuangan

Pada program keuangan, ada 3 jenis pelatihan antara lain:

Mengelola Uang Dengan Bijak (4 jam)

Yaitu pengenalan pada keuangan pribadi, yang dirancang khusus untuk pekerja migran. Selain itu juga peserta diajarkan bagaimana membuat anggaran, merencanakan pengeluaran, menetapkan tujuan, dan mengelola keuangan dengan bijak.

Menambah Tabungan (8 jam)

Yaitu mempelajari konsep dasar, sarana, dan instrumen investasi. Setelah menabung, lalu bagaiamana cara mengembangkan uangnya? Bagaimana juga cara kerja produk investasi dan cara mengatur asset yang dimiliki? Bagaiamana agar terhindar dari penipuan investasi? Dalam materi ini kita akan belajar mengenai hal itu.

Mendirikan Usaha Sendiri (8 jam)

Memperkenalkan wirausaha kepada para pekerja migran yang berencana memulai usaha. Pelatihan meliputi konsep dasar bisnis, cara pemasaran, pengaturan keuangan, resiko, dan rencana cadangan bila tidak berjalan lancar.

  1. Program Pemberdayaan Diri

  • Uang dan Keluarga (4 jam)
  • Pengenalan pada keuangan pribadi
  • Mengatur keseimbangan kebutuhan keluarga, diri sendiri, dan masa depan dalam pengelolaan keuangan
  • Menjaga hubungan keluarga, mendidik dan mengurangi rasa bersalah walau terpisah jarak dan waktu
  • Berani Berbicara (4 jam)
  • Prinsip berkomunikasi dengan membangun kepercayaan diri
  • Mempelajari hukum di Hong Kong yang melindungi pekerja migran dari pelecehan dan diskriminasi
  • Membantu pekerja migran dalam menghadapi tekanan dari orang lain
  1. Program Tambahan

Konseling Finansial

Memberikan dukungan perorangan gratis kepada pekerja migran yang mengalami krisis keuangan (terjerat hutang) atau yang perlu membuat keputusan keuangan penting. Jangan khawatir bahwa kerahasiaan akan terjamin.

Sesi Bimbingan

Bimbingan bagi yang telah mengikuti “Mengelola Keuangan Bijak”. Setiap orang akan dipasangkan dengan pembimbing yang menilai kemajuan dan mendiskusikan kesulitan yang dihadapi dalam mencapai rencana dan impian keuangan yang diharapkan.

Berapa Biayanya?

Pelatihan yang diadakan sudah diberikan subsidi, jadi peserta cukup membayar $30/kelas atau $150 untuk seluruh kelas.

Pendaftaran

Silakan kontak di nomor +852 5648 0990

Alamat Enrich

Suit 1102, Enterprise Building, 228-238 Queen’s Road Central, Hong Kong

www.enrichhk.org

Telp. +852 2386 5811