fbpx
18.5 C
Hong Kong
26 Januari 2021

The Power of Bersin: “Hat-ci!!!” Alhamdulillah…

- Advertisement -

Bersin itu nikmat, jadi harus disyukuri. Islam mengajarkan, jika kita bersin, hendaknya bersyukur dengan mengucapkan hamdalah (alhamdulillah).

Rasulullah Saw mengajarkan, jika ada yang bersin dan mengucapkan hamdalah, kita yang mendengarnya harus menimpalinya dengan mengucapkan “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu), lalu orang yang bersin tadi diharuskan kembali menimpali dengan mengucapkan “yahdikumullah” (semoga Allah memberimu hidayah).

Selain itu, Rasulullah Saw mengajarkan agar saat bersin kita menutup mulut atau muka dengan tekapak tangan.

“Apabila salah satu di antara kalian bersin, maka letakkanlah kedua telapak tangannya di atas mukanya, dan rendahkanlah suaranya.” (HR Hakim dari Abu Hurairah).

Menurut kamus online Wikipedia, bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Suara bersin dalam bahasa Indonesia adalah “hat-ci”. Dalam bahasa lain: “achew!”, “atisshoo”, dan “achoo” (Inggris), “atsa” (Arab), “atseh” (Persia), atchís” dan “atchús” (Spanyol), “atchim” (Portugis), “hatsjoe” dan “hatsjie” (Belanda), “atchoum” (Prancis), “hatschi” (Jerman), “hakushon” atau “kushami”(Jepang), “hut-chi” (Kanton/Hong Kong), dll. Yang unik suara bersin dalam bahasa Tamil: “Thummal!” dan  Somalia: “Hindis!”. Kok, bisa ya…?

Orang Barat pun memandang bersin sebagai anugerah. Di Inggris, jika ada yang bersin, orang mengatakan “God bless you!” atau “Bless you!”. Di Italia, bersin diikuti jawaban “”Salute!”. Portugis: “Saúde” (Sehat). Spanyol: “Salud” (“Semoga Anda sehat”). Jerman: Gesundheit (yang artinya “Sehat [bagimu]”). So…. Jika “hat-ci!”, bersyukurlah…. Wasalam. Wallahu a’lam. (ASM. Romli/dhongkong.org)*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya? TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz saya ingin bertanya. Apa yang sebaiknya aku lakukan sebagai istri sekaligus anak? Ibu...
Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar

Keponakan Utang tapi Ogah Bayar TANYA: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, keponakanku kan minta tolong dipinjami uang. Lalu, aku pinjemi. Saat waktunya bayar, dia selalu cari-cari alasan dan tidak...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,367FansSuka
483PengikutMengikuti
229PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×