fbpx

Jumlah Kasus Corona Indonesia Lewati China?

- Advertisement -

PER hari Sabtu (18/7/2020), total angka positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 84.882 kasus. Angka itu melampaui catatan positif corona di China per hari yang sama.

“Merujuk pada data yang dihimpun dari worldometer.info, hari ini (Sabtu) angka positif corona di China mencapai 83.644, dengan kesembuhan 78.758, dan kematian 4.634,” demikian diberitakan CNN Indonesia, Sabtu.

China diketahui menjadi negara pertama terjadinya wabah Covid-19 yang lalu menjadi pandemi global. Wabah virus corona di China kali pertama terdeteksi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, pada bulan-bulan akhir 2019 lalu.

Penanganan corona di Indonesia dan China sendiri memiliki sejumlah perbedaan. Jika Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), China menerapkan lockdown atau penutupan wilayah.

Lockdown pertama kali diterapkan di Wuhan, Provinsi Hubei selama 76 hari sejak 23 Januari. Langkah ini pun dinilai efektif meminimalisasi penyebaran virus corona.

China juga langsung membangun 16 rumah sakit sementara di sana. Rumah sakit tersebut dapat menampung 13 ribu tempat tidur.

Pemerintah China kerap mengandalkan lockdown sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus. Meskipun pada satu wilayah hanya ditemukan sedikit kasus.

Sedangkan melirik Indonesia, PSBB diterapkan di daerah yang memiliki jumlah kasus signifikan. Beberapa daerah ada yang menerapkan PSBB lebih dari satu kali dan melakukan perpanjangan. Durasi PSBB ditetapkan selama 14 hari, namun pemerintah daerah bisa menerapkan perpanjangan.

DKI Jakarta, sebagai pusat penyebaran kasus pertama di Indonesia, menjadi wilayah pertama yang menerapkan PSBB pada 10 April 2020. PSBB diperpanjang beberapa kali, sampai akhirnya DKI Jakarta menerapkan PSBB transisi pada 5 Juni 2020. PSBB transisi itu pun terus dilanjutkan hingga yang terbaru berakhir pada 30 Juli mendatang.

BACA JUGA:  Gelar Pengajian Gabungan, Majelis Rabu Bersatu Doakan Almarhumah Nur Farida
BACA JUGA:  Gelar Pengajian Gabungan, Majelis Rabu Bersatu Doakan Almarhumah Nur Farida

Saat ini, berdasarkan data yang ditampilkan di portal berita scmp.com per 20 Juli 2020, jam 17:48, secara global tercatat 14.505.643 kasus corona. Sebanyak 8.144.326 diantaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan 606.270 lainnya telah meninggal dunia.

Saat ini, Indonesia tercatat sebagai negara ranking ke-24 dengan catatan kasus terbanyak, yakni 88.214, dengan jumlah kematian 4.239 orang. Sedangkan China di bawah Indonesia, di peringkat 26, dengan jumlah 83.622 kasus, dengan 4.634 kematian. (sumber: CNN Indonesia/SCMP)

- Advertisement -
DDHK Newshttps://ddhk.org
Dompet Dhuafa Hong Kong 3/F, Leishun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
migran pulang kampung ke tanah air

Tes Covid di Klinik Ini Dokternya Berbahasa Indonesia

DDHK.ORG -- Di masa pandemi Covid-19, memiliki tiket pesawat terbang saja tidak cukup bagi warga Indonesia di Hong Kong, termasuk pekerja migran, untuk bisa pulang...
Majelis

Sempat Diliburkan 3 Bulan, Majelis Al-Hidayah Kembali Gelar Pengajian

DDHK.ORG -- Majelis Al-Hidayah, Ahad (25/10/2020) lalu, kembali menggelar pengajian di atas pasar Kwai Fong. Tampak, sekitar 20 jemaah yang hadir membaca shalawat bersama,...
berdoa

Adab-Adab Berdoa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

27,579FansSuka
412PengikutMengikuti
128PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

Adab-Adab Berdoa

Oleh Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H. Disampaikan pada Kajian Online hari Ahad, 25 Oktober 2020   Pengertian dan Keutamaan Doa Secara bahasa, doa mempunyai arti memanggil, mengajak,...

Profil Ustadz: Very Setiyawan

DDHK.ORG -- Nama lengkapnya adalah Very Setiyawan. Biasa dipanggil Very. Ia lahir di Batang, Jawa Tengah, 20 Mei 1983. Anak pertama dari empat bersaudara ini...
- Advertisement -
×