Info DD

Sekolah Katolik di Inggris Akan Diubah Jadi Sekolah Islam

Sebuah sekolah dasar Katolik Roma di jantung komunitas Asia di Lancashire, Blackburn, Inggris, tampaknya akan menjadi sekolah Kaolik pertama di negara itu yang akan dikonversi menjadi sekolah Islam.

Sepuluh tahun lalu, di Sacred Heart RC Primary School, pelajar Katolik masih menjadi mayoritas (91%). Namun, kini jumlahnya menurun drastir hingga tidak lebih dari 3%.

Keuskupan Salford –yang bertanggung jawab untuk menjalankan sekolah– itu telah menyimpulkan tidak lagi “tepat” bagi gereja Katolik untuk tetap bertanggung jawab.

Sacred Heart RC Primary School itu pun kini siap diambil-alih Masjid Tauheedul Islam, di Blackburn, yang sudah memiliki sekolah menengah khusus pelajar putri. Pihak masjid sudah menyatakan ketertarikannya untuk mengambil alih sekolah yang berdekatan dengan Tauheedul Islam Girls’ High School itu dan mengubahnya menjadi sekolah Islam.

Kepala Tauheedul Islam Girls’ High School (Sekolah Menengah Putri Tauheedul Islam), Hamid Patel, mengatakan, sebagian besar (97%) murid Sacred Heart RC Primary School itu adalah Muslim. “Masuk akal bila kita terlibat dengan sekolah itu,” katanya seperti dikutip situs Belfast Telegraph.

”Kami membutuhkan informasi lebih lanjut dari otoritas setempat, tapi jika masyarakat dan sekolah itu menginginkan kita terlibat, maka kami tertarik,” tambahnya.

Daily Telegraph mengabarkan, saat ini di Inggris sedang terjadi peningkatan permintaan untuk sekolah-sekolah negeri Islam. Populasi Muslim di Inggris meningkat pesat menjadi sekitar 2,5 juta jiwa antara 2004-2008, tapi hanya ada 11 sekolah Islam yang telah dibuka dengan dana negara kerajaan itu. (Mel/ddhongkong.org).*

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×