fbpx
18.7 C
Hong Kong
30 November 2020

OKI: Pembakaran Alquran di Swedia Provokatif

- Advertisement -

DDHK.ORG — Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menilai aksi pembakaran Al-Qur’an yang terjadi di kota Malmo, Swedia, pada pekan lalu sebagai aksi yang dapat memantik amarah dan provokatif. Aksi tersebut juga bertentangan dengan upaya dunia dalam memerangi esktrimisme dan kebencian berdasarkan agama dan keyakinan.

Pernyataan OKI yang bermarkas di Jeddah, Arab Saudi, tersebut dikutip Middle East Monitor dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (31/8/2020).

Insiden itu terjadi pada Jumat malam pekan lalu. Saat itu, para pendukung tokoh rasialis Denmark, Rasmus Paludan, yang memimpin organisasi Tight Direction (Stram Kurs), membakar sebuah Alquran dalam unjuk rasa. Mereka mengamuk karena Paludan dilarang menemui mereka.

Demonstrasi itu pun memicu kerusuhan. Dalam kejadian itu polisi menangkap 10 orang, dan sejumlah petugas mengalami luka-luka. Pemerintah Denmark juga melarang Paludan memasuki negara itu selama dua tahun.

Pemantau Islamofobia OKI memuji keputusan pemerintah Denmark terhadap kejadian itu. Mereka meminta kepada umat Muslim di Swedia untuk tetap menahan diri dan menghindari kekerasan.

Meskipun Paludan tak boleh memasuki Swedia, para pendukungnya masih melakukan pertemuan untuk membahas aksi mereka. Akibatnya, tiga orang ditangkap dengan tudingan menghasut kebencian rasial.

Paludan sempat membuat geger ketika tahun lalu membakar Alquran yang dibungkus dengan daging. Ia juga menjadi pemimpin kelompok garis keras anti imigran di Denmark.

Turki Mengutuk

Turki mengutuk keras aksi pembakaran Alquran yang dilakukan oleh aktivis sayap kanan di Malmo, Swedia. Turki juga menganggap aksi itu sebagai tindakan provokatif.

BACA JUGA:  Ini Cara Periksa dan Daftarkan IMEI HP Secara Online

“Kami mengutuk keras provokasi mengerikan yang dilakukan oleh seorang politisi Islamofobia dan rasis serta pengikutnya,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (29/8/2020) waktu setempat.

BACA JUGA:  Ini Cara Periksa dan Daftarkan IMEI HP Secara Online

Rekaman aksi pembakaran itu langsung memicu reaksi kelompok anti rasis di Malmo. Mereka memblokir lalu lintas dan membakar ban di jalan.

“Tindakan provokatif ini merupakan pukulan berat bagi budaya hidup berdampingan dan nilai-nilai Eropa,” ujar Kementerian Luar Negeri seperti dikutip dari Anadolu.

Menurut Turki, Muslim di Eropa dihadapkan pada sikap diskriminatif dan rasis dalam kehidupan sehari-hari. “Tindakan tercela terhadap kitab suci ini menunjukkan bahwa ancaman yang dihadapi Muslim di Eropa telah datang.”

(Sumber: CNN Indonesia)

 

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Cek imei di website kemenperin.go.id

Ini Cara Periksa dan Daftarkan IMEI HP Secara Online

DDHK.ORG -- Pekerja migran Indonesia di Hong Kong dan Macau sedang heboh soal isu pemeriksaan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) telepon genggam (HP)...
Kiai Miftachul Akhyar Jabat Ketua Umum MUI

Kiai Miftachul Akhyar Jabat Ketua Umum MUI

DDHK.ORG -- KH. Miftachul Akhyar, Kamis (26/11/2020) malam, terpilih menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2020-2025. Rais Aam Pengurus...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,590FansSuka
412PengikutMengikuti
163PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

Adab Bangun dari Tidur

DDHK.ORG -- Hendaklah engkau berusaha supaya dapat bangun dari tidur sebelum terbit fajar dan hendaklah zikrullah yang mendahului segala sesuatu, baik di hatimu atau...

Dasyatnya Lisan

Oleh Ustadzah Nur Hamidah, Lc., M.Ag. DDHK.ORG – Lisan kita adalah kunci kesuksesan keluarga. Lisan bisa jadi mengetuk pintu langit karena selalu di jaga malaikat...

Hukum Istri Ingin Wakafkan Harta Pribadi Tanpa Persetujuan Suami

Hukum Istri Ingin Wakafkan Harta Pribadi Tanpa Persetujuan Suami Pertanyaan: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, saya mau bertanya. Apakah termasuk istri yang durhaka jika saya ingin mewakafkan sebidang tanah...

Ini Cara Periksa dan Daftarkan IMEI HP Secara Online

DDHK.ORG -- Pekerja migran Indonesia di Hong Kong dan Macau sedang heboh soal isu pemeriksaan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) telepon genggam (HP)...

Adab-adab Melaksanakan Ketaatan

Adab-Adab Melaksanakan Ketaatan DDHK.ORG – Ketahuilah olehmu bahwa perintah Allah itu ada yang fardhu (wajib) dan ada yang sunnat. Yang fardhu ialah modal, yaitu asas...

Per 1 Desember, Macau Bolehkan Orang Asing Masuk

DDHK.ORG – Sepanjang masa pandemi Covid-19, Macau cukup ketat menjaga perbatasannya. Dengan begitu, negeri bekas jajahan Portugis tersebut memiliki catatan kasus yang relatif kecil,...
- Advertisement -
×