ArtikelKesehatan

Mudah Dilakukan, Rutinkan Jalan Kaki 10-30 Menit Sehari

DDHK.ORG – Berjalan kaki adalah olahraga paling mudah. Selain sederhana, gratis, juga menyehatkan. Rutin berjalan kaki bisa menurunkan berat badan secara perlahan.

Pertanyaannya, berapa lama jalan kaki yang sehat bisa dilakukan setiap hari? Jika merujuk pada Better Health, kita direkomendasikan untuk berjalan kaki 30 menit sehari.

Sedangkan melansir NHS, kita justru tidak memerlukan waktu hingga berjam-jam untuk berjalan kaki. Untuk jalan cepat, kita hanya memerlukan waktu 10 menit setiap harinya. Ini sama dengan 150 menit olahraga mingguan yang direkomendasikan.

Namun, yang perlu diperhatikan, lakukan kegiatan berjalan kaki secara bertahap. Tingkatkan jarak dan waktu berjalan kita secara bertahap.

Kita juga harus membuat kegiatan ini sebagai bentuk rutinitas dan kebiasaan. Supaya jalan kaki tidak terlalu monoton, kita bisa melakukannya disertai kegiatan lain. Misalnya, berjalan bagian dari perjalanan untuk bekerja, jalan-jalan ke toko-toko, menggunakan tangga daripada lift, melakukan jalan-jalan biasa dengan seorang teman, pergi jalan-jalan dengan keluarga atau teman setelah makan malam, atau jalan kaki sambil mendengarkan musik. [Sumber: CNN Indonesia] [DDHKNews]

Baca juga: