ArtikelKesehatan

Manfaat Air Kelapa Hijau, Jaga Imun Hingga Sehatkan jantung

DDHK.ORG – Ada banyak jenis kelapa. Salah satunya, kelapa hijau. Tak hanya memuaskan dahaga, air kelapa hijau membawa manfaat berikut ini.

Pertama, bantu jaga imun. Air kelapa hijau mengandung 90 persen air dengan komponen mineral. Air kelapa hijau pun mengandung antioksidan dan asam amino yang bisa membantu meningkatkan kadar antibodi. Peran antioksidan ini dilakukan oleh vitamin C. Namun, disarankan tidak mengonsumsi air kelapa hijau bersama dengan obat-obatan tertentu. Kandungan mineral pada air kelapa hijau dikhawatirkan memicu reaksi saat bertemu obat.

Kedua, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seperti dilansir dari Healthline, air kelapa hijau mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium dan potasium. Semua nutrisi ini memberikan manfaat buat tubuh, misalnya untuk sistem kekebalan tubuh.

Ketiga, pelihara kesehatan jantung. Sebuah riset pada tikus menemukan kelompok tikus yang diberi makan tinggi lemak dan kolesterol mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida saat diimbangi dengan pemberian air kelapa. Kemudian, studi terbatas pada 2005 menemukan air kelapa bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Namun, studi ini masih memerlukan studi lanjutan.

Keempat, hidrasi kilat. Anda tidak memerlukan minuman olahraga alias sport drink dalam kemasan. Cukup air kelapa hijau dan tubuh akan kembali terhidrasi dengan cepat. Dilansir dari Medical News Today, air kelapa mampu bertindak seperti minuman olahraga dalam kemasan. Cairan tubuh yang hilang karena sekresi keringat akan cepat tergantikan berkat air kelapa.

Kelima, sehatkan ginjal. Berdasar studi pada 2018, urine pada partisipan tanpa batu ginjal mengandung lebih banyak sitrat, potasium dan klorida setelah minum air kelapa. Hal ini mengindikasikan bahwa manfaat air kelapa hijau membantu meluruhkan batu ginjal atau mencegah pembentukan batu ginjal. [Sumber: CNN Indonesia] [DDHKNews]

Baca juga: