fbpx
16 C
Hong Kong
28 Januari 2021

Jumhur: 40 Sarana Kesehatan TKI Sedang Dievaluasi

- Advertisement -

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat menyebutkan 40 sarana kesehatan calon TKI sedang dievaluasi ulang oleh Kementerian Kesehatan.

Jumhur di Jakarta, Jumat, memastikan evaluasi ulang itu untuk mengetahui apakah pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri sudah sesuai prosedur standar operasi atau belum.

Ke-40 sarana kesehatan yang sedang dievaluasi ulang itu berada di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Jumhur masih tingginya angka TKI bermasalah yang dipulangkan karena alasan “unfit” (tidak sehat) menunjukkan bahwa praktik sarana kesehatan terhadap calon TKI masih perlu dipertanyakan.

Kepala BNP2TKI menegaskan masih ada praktik kotor di sarana kesehatan calon TKI seperti jual beli sertifikat kesehatan, pemakaian joki, hingga pengurangan item-item pemeriksaan yang ditentukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan oleh pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS).

Jumhur mencontohkan hampir setiap hari Malaysia memulangkan calon TKI dengan alasan tidak sehat setelah diperiksa ulang di Malaysia.

Ia mengakui TKI wanita umumnya sering menjadi korban yang dipulangkan oleh pengguna dari Malaysia dan Timur Tengah karena alasan tidak sehat.

“Kami mendukung sepenuhnya jika dalam evaluasi ulang ini pihak Kemenkes menjatuhkan sanksi untuk menutup sarana kesehatan yang nakal,” kata Jumhur.

BNP2TKI, katanya, tahun 2011 ini memastikan bahwa setiap TKI yang akan diberangkatkan selain memiliki kecakapan dan keterampilan seperti sudah mengikuti pelatihan 200 jam untuk TKI penata laksana rumah tangga juga memiliki sertifikasi kesehatan yang mumpuni.

BACA JUGA:  Bahan Pangan Masih Sulit Didapat di Lokasi Gempa Sulbar

“TKI Paripurna yaitu TKI yang sehat dan terampil akan dapat melindungi dirinya dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam hubungannya dengan pekerjaannya,” katanya. (ANTARA)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

DDHK.ORG -- Singkong sering dicap sebagai makanan 'ndeso' karena umum digunakan masyarakat pedesaan sebagai makanan pokok dan kudapan. Di berbagai restoran China dan Thailand...
Listyo Sigit Prabowo Jabat Kapolri

Listyo Sigit Prabowo Jabat Kapolri

DDHK.ORG -- Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,371FansSuka
483PengikutMengikuti
231PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×