BeritaInfo DD

Di Tengah Lonjakan Omicron dan Pembatasan Kegiatan, DDHK Himpun Donasi HK$78,146 pada Januari 2022

DDHK.ORG — Awal 2022 merupakan periode berat bagi komunitas Indonesia di Hong Kong. Sebab, wabah pandemi corona varian Omicron memburuk, berbagai aktivitas masyarakat pun banyak dibatasi oleh Pemerintah.

Meski begitu, pada bulan Januari 2022, Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) melaporkan, mampu menghimpun total donasi sebesar HK$78,146. Rinciannya, berdasarkan laporan tersebut, DDHK menerima dana pembayaran zakat sebesar HK$8, HK$8, 564. Untuk infaq, DDHK mencatat donasi sebesar HK$51,944. DDHK juga mencatatkan pemasukan dana wakaf sebesar HK$11,429 dan donasi kemanusiaan sebesar HK$6,209.

“Teman teman, berikut ini adalah laporan DDHK bulan Januari 2022. Terima kasih atas dukungannya. Semoga di tengah situasi yang tidak menentu ini kita masih bisa bertahan dan bertumbuh,” kata General Manager DDHK, M. Imam Baihaqi, saat mempublikasikan laporan tersebut, Jumat (11/2/2022).

Donasi yang dari warga Indonesia di Hong Kong dan Macau dihimpun DDHK melalui beberapa kanal. Yakni:

  1. Kotak donasi yang diletakkan di kantor BNI Remittance cabang Causeway Bay, Tsuen Wan, Hung Hom, dan Yuen Long;
  2. Kotak donasi di kantor BRI Remittance cabang Causeway Bay;
  3. Kotak donasi di restoran Dapur Kita di Causeway Bay;
  4. Kotak donasi di Toko Amanda, Causeway Bay;
  5. Jemput donasi dengan hubungi 6464 2555;
  6. Transfer Rekening HKD dengan FPS ID: 166006742 (Dompet Dhuafa Association Limited);
  7. Transfer Rekening Rupiah melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomor 500 5050 608, a.n. Dompet Dhuafa Republika;
  8. Sedekah via SMS Telin dengan mengetik ZAKAT, INFAK, atau WAKAF dan dikirim ke 333;
  9. Aplikasi TNG: metode paybill (bayar tagihan) dengan memilih Dompet Dhuafa Association Limited; dan
  10. Pembayaran Langsung: dengan datang ke kantor Dompet Dhuafa Hong Kong di Leighton Road Flat D Lei Shun Court Building 3/F No. 116, Causeway Bay.
  11. Bersedekah dan berinfak dengan cara tempel kartu Octopus atau patadong di mesin yang disediakan di kantor DDHk di Causeway Bay.

Sepanjang Januari 2022, DDHK memiliki pengeluaran sebesar HK$122,816. Rinciannya, untuk operasional, kegiatan fundraising, bantuan sosial, kegiatan dakwah, pemberian training, dan untuk bantuan kemanusiaan.

Bantuan Sosial dan Bencana

Pada bulan Januari 2022, DDHK menyalurkan dana bantuan dan santunan ke 6 daerah di Inodnesia. Yaitu ke Kendal, Cirebon, Magetan, Karawang, Malang, dan Banyumas. Semua bantuan itu diberikan melalui pengurus majelis taklim mitra dakwah, serta peserta program kegiatan dan Tim Volunteer DDHK.

Di periode ini, DDHK juga memberikan paket bingkisan berisi makanan dan keperluan sehari hari kepada pekerja migran Indonesia di tempat karantina setiba di Hong Kong. DDHK juga memberikan bantuan untuk pendampingan kesehatan dhuafa, dan bantuan dana untuk penyintas bencana di Tanah Air.

Di bulan ini DDHK memberikan layanan shelter kepada 8 pekerja migran Indonesia di Hong Kong yang membutuhkan tempat tinggal sementara karena berbagai faktor. Selain itu, DDHK juga mengunjungni 4 orang pekerja migran Indonesia yang sedang berada di penjara Hong Kong.

Bidang Media dan Dakwah

Di bidang media dan pemberitaan, DDHK terus mempublikasikan berita dan informasi seputar dunia Islam, aktivitas lembaga, konsultasi agama, serta informasi terkini dari Indonesia, Hong Kong, dan Macau. Termasuk, tentang kabar terbaru tentang perkembangan dan penanganan pandemi virus corona. Sebanyak 27 berita dan artikel dipublikasikan melalui website ddhk.org. Sedangkan di media sosial, DDHK melakukan 153 postingan di Facebook page Dompet Dhuafa Hong Kong, 30 postingan di Instagram, dan 22 video di Youtube channel DDHK News.

Lewat program dakwah, DDHK memberikan 10 kali konsultasi online, 32 kali tausiyah agama online, dan menyelenggarakan 23 kelas belajar Al-Qur’an, baik untuk orang dewasa, laki laki dan perempuan, maupun anak-anak. “Kegiatan-kegiatan ini diikuti oleh 751 orang, terdiri dari berbagai kalangan. Yakni, para ekspatriat, pekerja migran Indonesia, ibu-ibu ekspatriat, dan anak-anak,” kata Imam Baihaqi.

DDHK juga memberikan tausiyah online melalui pesan WhatsApp dan postingan Facebook. Pesan tausiyah ini diberikan setiap hari.

Untuk program Migrant Class, DDHK menyelenggarakan 2 pertemuan kelas Bahasa Inggris dan 2 pertemuan kelas komputer. “Karena pembatasan kegiatan dari Pemerintah, beberapa kelas pelatihan dan kursus kami liburkan,” kata Imam Baihaqi. [DDHKNews]

Baca juga: