ArtikelKonsultasi

Bolehkah tidur setelah shubuh dan bolehkah mengqadha sholat shubuh jam 10 pagi?

DDHK.ORG – Bolehkah tidur setelah shubuh dan bolehkah mengqadha sholat shubuh jam 10 pagi?

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pak Ustadz, saya mau bertanya. Bolehkah setelah sholat shubuh tidur lagi sekitar 1-2 jam? Sebab, tiap malam saya susah tidur. Lalu, bolehkah mengqodho sholat shubuh yang terlewatkan pada jam 10 pagi?

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Tidur merupakan istirahat dan fitrahnya manusia hidup di dunia. Allah Subhãnahu wata’ala berfirman:

وَجَعَلۡنَا نَوۡمَكُمۡ سُبَاتࣰا {سورة النبأ: ٩}

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” {Q.S. An-Naba’: 9}

Tidur yang fitrah adalah di waktu malam dan siang. Lalu bagaimana dengan tidur setelah shubuh? Ada sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, Rasulullah shallallãhu alaihi wasallam bersabda:

الصُّبْحة تمنع الرزق

“Tidur pagi bisa menghalangi rizki.”

Meskipun hadits ini dinilai lemah oleh ulama, akan tetapi ada nilai positif yang bisa dilakukan seseorang jika dia tidak tidur pagi atau setelah shubuh. Dia bisa berdzikir, membaca Al-Qur’an, atau melakukan aktivitas positif lainnya.

Ada riwayat yang menyebutkan bahwa Aisyah tidak langsung tidur setelah shubuh. Akan tetapi beliau isi waktu tersebut dengan banyak berdzikir atau membaca Al-Qur’an. Jika matahari terbit, barulah beliau istrihat untuk tidur sebentar.

Jadi kesimpulannya, tidur setelah shubuh tidak dianjurkan atau makruh dilakukan. Kalaupun kita ingin tidur, hendaknya menunggu hingga matahari terbit jika memungkinkan.

Soal qadha sholat subuh, siapapun muslim yang meninggalkan sholat karena lupa hingga keluar dari waktunya, maka wajib baginya untuk mengqadha sholat tersebut sesegera mungkin ketika mengingatnya. Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah shallallãhu alaihi wasallam:

من نسي صلاة أو نام عنها فكفارتها أن يصليها إذا ذكرها. (رواه البخاري ومسلم، واللفظ لمسلم)

“Barangsiapa lupa sholat atau ketiduran darinya, maka kaffarahnya adalah melakukan sholat tersebut ketika mengingatnya.” (H.R. Bukhari Muslim, lafazhnya milik Muslim)

Jadi, segera saja untuk mengqadha sholat shubuh meskipun sudah pukul 10.00 pagi.

Semoga bermanfaat

Wallâhu a’lam bish-showâb.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×