BeritaHong KongMigran Menulis

Berulang Tahun Februari-September, 6 Pekerja Migran Wisata Gratis ke Ocean Park

DDHK.ORG – Sebanyak enam pekerja migran Indonesia di Hong Kong berwisata gratis ke Ocean Park pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu. Mereka berulang tahun pada periode Februari-September, saat salah satu tempat wisata terbesar di Hong Kong itu ditutup sementara karena pandemi Covid-19.

“Pas masuk, awalnya saya enggak percaya (kalau gratis). Kami nanya, ‘may yaw free ticket?’ Lalu oleh petugas langsung diminta KTP (HKID) dan dilihat tanggal ulang tahunnya,” kata Siti Raswati dan Sukinah, dua dari enam pekerja migran yang berwisata ke Ocean Park.

Siti sendiri berulang tahun pada 28 Agustus. Sedangkan Sukinah, 10 September. Teman lainnya yang juga turut berwisata gratis, Mega (22 Februari), Cahyani (1 April), Siti Aminah (8 September), dan Castimah (10 September). Semuanya adalah pekerja migran asal Perusahaan Penempatan Pekerja MIgran Inodnesia (P3MI) yang sama, yaitu PT Latansa, Cirebon.

“Kami berenam bisa masuk gratis semua,” ujar Siti.

Siti dan dan lima temannya sebelumnya mendengar kabar bahwa masuk Ocean Park gratis. Mereka mengaku tidak mempercayai kabar itu, sebelum membuktikannya langsung.

Dengan datang ke Ocean Park, Siti dan teman-teman juga dapat mengonfirmasi secara langsung beberapa kabar tidak benar seputar Ocean Park, seperti adanya antrean tiket yang panjang. “Waktu daftar tiket dibatesin waktunya sampai jam 12, itu enggak benar. Kami datang ke sana sama sekali gak antri begitu lama, cuma kasih liat ID card, petugasnya mengarahan untuk ambil tiket di mana. Setelah itu bisa memilih wahana apa saja yang diinginkan,” ujar Perempuan asal Indramayu ini.

“Yang lama itu antri wahana ya, bukan antri tiket!” ujar Siti.

Saat tau bisa berwisata di Ocean Park gratis, Siti, yang baru pertama kali berwisata ke Ocean Park ini mengaku sangat gembira. “Perasaan saya? Masyaallah Tabarakallah, bahagia. Kapan lagi ada tiket gratis! Kesempatan tidak datang dua kali, bisa berwisata bersama teman-teman seperjuangan,” ujarnya.

Hal yang sama diungkap Sukinah yang mengaku ingin sekali mengunjungi semua wahana permainan di Ocean Park. Namun, akhirnya mereka bersepakat memilih wahana yang antreannya sedikit saja.

“Alhamdulillah, saya naik Hair Raiser, kereta gantung (Cable car), ban meluncur di ombak (The Rapids), roller coaster (The Dragon/Arctic Blast), dan ayunan (Whirly Bird/Flying Swing). Alhamdulilah senang banget,” kata Sukinah.

Diumumkan di Situs Web Resmi Ocean Park

Informasi tentang ketentuan berwisata gratis ke Ocean Park sebetulnya dapat diketahui dari pemberitahuan yang terpasang di situs web resmi salah satu objek wisata terkenal di Hong Kong itu, https://www.oceanpark.com.hk/en. Begitu kita mengklik tautan tersebut, otomatis muncul pengumuman berjudul “CRITICAL NOTICE”.

Pemberitahuan itu, diantaranya, berisi informasi bahwa Ocean Park telah beroperasi kembali pada 18 September 2020. Jam bukanya, mulai pukul 10:00 hingga 18:00 pada hari kerja, dan 10:00 hingga 19:00 pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Diantara pemberitahuan yang diumumkan, ada sub judul berwarna biru dan bergaris bawah yang berbunyi, “Ticket Refund/Exchange Arrangement”. Begitu diklik, akan keluar pemberitahuan dengan judul, “Ticket Arrangement During The Park’s Temporary Closure” atau Pengaturan Tiket Selama Penutupan Sementara Ocean Park. Nah, di pemberitahuan inilah ditemukan ketentuan yang judulnya tertulis warna biru, “Birthday Complimentary Ticket” atau Tiket Gratis Ulang Tahun.

Pemberitahuan itu berbunyi, pengunjung yang berulang tahun pada periode penutupan sementara Ocean Park, 26 Januri-12 Juni 2020 dan 14 Juli-17 September 2020, dapat datang dan berwisata gratis pada 31 Desember 2020 atau tanggal sebelumnya, setelah Ocean Park dibuka kembali. “Tidak berlaku untuk pengembalian dana. Pengunjung yang belum menukarkan penawaran ulang tahun selama periode penutupan sementara Ocean Park (yaitu 26 Januari-12 Juni 2020 dan 14 Juli-17 September 2020) dapat datang ke Kantor Tiket Ocean Park untuk menukarkan tiket untuk masuk pada hari itu, setelah menunjukkan Dokumen Identitas Hong Kong (HKID) atau Akta Kelahiran Hong Kong yang valid, pada atau sebelum 31 Desember 2020 setelah Taman dibuka,” demikian tulis managemen Ocean Park.

“Jadi, tidak perlu booking tiket, cuma nunjukin ID Card (HKID) dan tinggal ngomong ‘hai mea yao free ticket’, ” ujar Siti. (Laporan: Nurhalimah)

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×