ArtikelKesehatan

Bersihkan Usus dengan 5 Cara Mudah Ini

DDHK.ORG – Membersihkan usus besar penting dilakukan karena bisa membantu meningkatkan kesehatan agar kita terhindar dari masalah pencernaan, misalnya sembelit. Usus besar juga harus dibersihkan agar tubuh tetap sehat.

Usus adalah bagian tubuh yang cukup penting. Jika terlalu kotor, racun-racun yang berasal dari makanan tidak akan bisa keluar dengan baik. Hal ini tentu berbahaya karena bisa memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya.

Ada beberapa cara membersihkan usus besar yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Cara ini juga tidak memerlukan obat atau terapi khusus. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan usus dengan alami dan sederhana.

Pertama, minum jus. Melansir Healthline, asupan jus dalam jumlah sedang baik untuk usus kita. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi bermanfaat bagi pencernaan. Sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang bisa ditambahkan ke campuran jus.

Kedua, diet tinggi serat. Serat adalah makronutrien penting yang dimiliki makanan tertentu. Ini ditemukan dalam makanan nabati yang sehat dan utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Tumbuhan mengandung selulosa dan serat yang membantu “menimbun” kelebihan materi di usus besar. Mereka juga mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif, sambil meningkatkan bakteri bermanfaat sebagai prebiotik.

Ketiga, minum banyak air. Minum banyak air sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat penting dilakukan. Selain berguna agar kita tetap terhidrasi, air juga merupakan cara paling sederhana untuk membersihkan pencernaan. Melansir Medicinet, minum 6-8 gelas air per hari dianjurkan sebagai salah satu cara membersihkan usus besar.

Keempat, minum air lemon dan madu. Campurkan jus lemon segar, satu sendok teh madu, dan sejumput garam dengan air hangat. Minum saat perut kosong di pagi hari. Cara ini diyakini bisa membersihkan usus besar yang kotor.

Kelima, puasa. Tidak makan apapun adalah metode pembersihan usus besar yang cukup baik. Cara ini bisa membantu ginjal dan hati menghilangkan racun berbahaya dari tubuh. Minum air putih, jus sayuran segar, atau jus buah segar saat berpuasa karena ini diyakini bisa membantu pembersihan usus. [Sumber: CNN Indonesia][DDHKNews]

Baca juga: