TravelWisata

Bendungan High Island Reservoir’s, Tempat Wisata dengan Banyak Spot Foto Menakjubkan

DDHK.ORG — Pada hari Kamis (14/10/2021) diumumkan bahwa minibus hijau bernomor 9A dengan tujuan tempat wisata High Island Reservoir’s East Dam di Sai Kung telah mulai menyediakan layanan sehari penuh pada hari-hari libur. Layanan penuh dimaksud, minibus tersebut beroperasi dari pagi sampai malam pada hari Ahad dan hari libur.

Layanan ini dimaksudkan untuk menghadirkan kenyamanan bagi para pejalan kaki yang melakukan hiking. Pasalnya, High Island memiliki spot foto yang bagus dan menjadi hot spot bagi pejalan kaki.

Banyak dari mereka yang menggunakan lokasi di tempat wisata ini sebagai titik awal atau akhir untuk perjalanan hiking mereka. “Ada berbagai tempat hiking di sekitar bendungan, termasuk Long Ke Wan, Pak Lap, Wan dan Fa Shan,” tulis The Standard.

Minibus 9A beroperasi penuh dari pagi hingga malam, melayani para penyuka hiking menuju bendungan High Island Reservoir’s.

Dulu, jalur 9A antara Pak Tam Chung dan bendungan hanya beroperasi sampai sore hari pada hari Ahad dan hari libur. Sehingga, pada saat minibus tidak tersedia, pengunjung hanya dapat berjalan kaki untuk pulang dari Pak Tam Chung selama sekitar 2 hingga 3 jam ke bendungan. Sebagai alternatif, banyak dari hiker terpaksa naik taksi dari atau ke pusat kota Sai Kung dengan biaya yang relative mahal, lebih dari HK$100.

Dengan jadwal yang baru, minibus 9A akan beroperasi antara jam 09:30 hingga jam 19:00 pada hari Ahad dan hari libur nasional. Minibus datang tiap 20 menit.

Warga Hong Kong menyambut baik dan memuji pengaturan tersebut. “Pejalan kaki menunggu tiga tahun untuk layanan sehari penuh. Yang lain berharap pengaturan ini dapat mengakhiri pengisian daya taksi yang berlebihan,” tulis The Standard, mengutip komentar netozen Hong Kong.

Banyak spot berfoto yang menakjubkan di Bendungan High Island Reservoir’s.

Banyak Pilihan Rute

Mengutip Migran Pos, salah satu media online berbasis di Hong Kong, banyak rute yang dapat dipilih menuju Bendungan High Island Reservoir’s. Bisa naik bus atau taksi.

Pertama, naik bus/minibus. Ada beberapa pilihan menuju ke tempat wisata ini. Yakni:

  1. Dari Exit C2 Stasiun MTR Diamond Hill naik bus nomor 92 dan turun di Sai Kung atau terminal terakhir. Selanjutnya, naik bus nomor 94 dan turun di Pak Tam Chung.
  2. Dari Exit C2 Stasiun MTR Choi Hung naik minibus nomor 1A dan turun di terminal terakhir atau pelabuhan Sai Kung. Kemudian, naik bus nomor 94 dan turun di Pak Tam Chung.
  3. Naik bus nomor 96R dari stasiun MTR Diamond Hill. Bus ini hanya ada di akhir pekan dan hari libur nasional saja). Bus ini tidak berhenti di Sai Kung, jadi bisa turun di Pak Tam Chung. Setelah itu, berjalan kaki di sepanjang Jalan Tai Mong Tsai menuju persimpangan di depan. Belok kanan di Sai Kung Man Yee Road dan jalan sekitar 9 kilometer jika ingin berolahraga jalan kaki atau hiking.

Setelah mengambil salah satu rute di atas, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di sepanjang Jalan Tai Mong Tsai menuju persimpangan di depan. Lalu, belok kanan di Sai Kung Man Yee Road dan jalan sekitar 9 kilometer jika ingin berolahraga jalan kaki atau hiking. Jika tidak ingin jalan kaki, bisa naik minibus hijau nomor 9A dengan tarif HK$11.3 di Pak Tam Chung dan turun di Bendungan.

Bendungan High Island Reservoir’s memanjakan mata yang melihatnya.

Kedua, naik taxi. Perjalanan ke Bendungan High Island Reservoir’s juga bisa ditempuh dengan naik taksi. Ongkosnya, sekitar HK$100-HK$350 dari Sai Kung atau dari Pak Tam Chung dan turun di area bendungan.

“Tips naik taksi agar lebih murah, patungan sama teman atau bawa rombongan, jadi ongkos taxi bisa dibagi empat atau lima orang,” tulis Migran Pos.

Selain mengetahui rute dan transportasi berangkat, jangan lupa untuk waktu kepulangan. Sebab, untuk bus dan minibus ada jadwalnya. Karena pada hari libur banyak yang datang ke tempat wisata ini, antrean bakalan Panjang. Jika sampai tertinggal, harus menunggu sekitar 20 menit untuk kedatangan bus atau minibus berikutnya.

Sedangkan berjalan kaki cukup jauh. Migran Pos menginformasikan, taksi tidak selalu ada untuk sore dan malam. Kita harus menelepon dulu dan tidak jarang ongkosnya berkali lipat mahalnya. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×