fbpx

5 Cara Mengeluarkan Dahak

- Advertisement -

DDHK.ORG — Keberadaan dahak di tenggorokan terasa sangat mengganggu. Yuk, ikuti beberapa cara sederhana untuk mengeluarkan dahak secara alami.

Dahak sebenarnya merupakan cairan kental atau lendir yang menggantung di bagian belakang tenggorokan. Tak hanya saat tubuh sedang sakit, lendir ini juga ada sepanjang waktu di tenggorokan Anda. Lendir membran melindungi sistem pernapasan. Namun, saat sakit lendir akan terpapar banyak partikel dan menjadi lebih kental.

Berikut beberapa cara untuk mengeluarkan dahak secara alami, sebagaimana dilansir CNN Indonesia dari Healthline.

1. MELEMBABKAN UDARA

Melembabkan udara di sekitar dapat membantu mengencerkan dahak. Gunakan humidifier atau pelembap udara di ruangan tempat Anda beraktivitas.

Menghirup uap juga menjadi cara lain untuk mendapatkan udara yang lembap. Isi wadah dengan air panas, hirup uap dari air panas tersebut dengan lembut untuk mengencerkan lendir.

2. TETAP TERHIDRASI

Mencukupi asupan cairan, terutama dengan air hangat, dapat membantu melancarkan aliran dahak. Air dapat melonggarkan kemacetan yang membatasi gerak lendir pada tenggorokan.

Tak hanya dengan air mineral, Anda juga bisa mendapatkan air hangat dari kuah sup atau secangkir teh.

3. KONSUMSI HERBAL

Cobalah mengonsumsi beberapa jenis herbal seperti lemon, jahe, dan bawang putih. Ada beberapa bukti yang menemukan bahwa ketiga bahan tersebut dapat mengobati pilek, batuk, dan dahak berlebih.

Selain itu, makanan pedas yang mengandung capsaicin seperti cabai rawit juga dapat membantu membersihkan sinus dan mengeluarkan lendir.

4. BERKUMUR AIR GARAM

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan dahak yang menggantung di belakang tenggorokan. Berkumur juga bahkan dapat membunuh kuman serta meredakan sakit tenggorokan.

BACA JUGA:  Adab-Adab Berdoa

Campurkan air dengan sedikit garam. Anda disarankan untuk menggunakan air hangat yang dapat melarutkan garam dengan lebih cepat.

BACA JUGA:  Profil Ustadz: Very Setiyawan

Saat berkumur, posisikan kepala Anda 45 derajat ke belakang. Biarkan air garam mendekati area tenggorokan Anda. Lakukan kumur-kumur selama 30-60 detik, lalu buang kembali airnya.

5. GUNAKAN MINYAK KAYU PUTIH

Menggunakan minyak esensial kayu putih dapat membantu mengeluarkan dahak. Kayu putih bekerja dengan membantu mengencerkan dahak yang membantu Anda untuk batuk dengan mudah.

Selain kayu putih, ada beberapa minyak esensial lain yang dapat menghentikan pertumbuhan kuman yang menginfeksi saluran pernapasan. Anda juga bisa mencoba minyak esensial serai, peppermint, rosemary, dan tea tree.

Gunakan minyak esensial dengan menjadikannya sebagai campuran diffuser atau menggunakannya dengan tungku aroma terapi. [DDHKNews/sumber foto: Intisari Online]

- Advertisement -
DDHK Newshttps://ddhk.org
Dompet Dhuafa Hong Kong 3/F, Leishun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
migran pulang kampung ke tanah air

Tes Covid di Klinik Ini Dokternya Berbahasa Indonesia

DDHK.ORG -- Di masa pandemi Covid-19, memiliki tiket pesawat terbang saja tidak cukup bagi warga Indonesia di Hong Kong, termasuk pekerja migran, untuk bisa pulang...
Majelis

Sempat Diliburkan 3 Bulan, Majelis Al-Hidayah Kembali Gelar Pengajian

DDHK.ORG -- Majelis Al-Hidayah, Ahad (25/10/2020) lalu, kembali menggelar pengajian di atas pasar Kwai Fong. Tampak, sekitar 20 jemaah yang hadir membaca shalawat bersama,...
berdoa

Adab-Adab Berdoa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

27,579FansSuka
412PengikutMengikuti
128PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

Adab-Adab Berdoa

Oleh Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H. Disampaikan pada Kajian Online hari Ahad, 25 Oktober 2020   Pengertian dan Keutamaan Doa Secara bahasa, doa mempunyai arti memanggil, mengajak,...

Profil Ustadz: Very Setiyawan

DDHK.ORG -- Nama lengkapnya adalah Very Setiyawan. Biasa dipanggil Very. Ia lahir di Batang, Jawa Tengah, 20 Mei 1983. Anak pertama dari empat bersaudara ini...
- Advertisement -
×