TransportasiTravel

Usai Renovasi, Peak Tram Beroperasi Lagi

DDHK.ORG – Pada hari Sabtu (27/8/2022) Peak Tram dibuka kembali, dengan kapasitas mobil trem yang lebih besar, serta terminal atas dan bawah yang telah diperbarui. Demikian diberitakan oleh RTHK.

Konsekuensi pembaruan dan penambahan kapasitas tersebut adalah kenaikan tarif lebih dari 60 persen. Perjalanan pulang-pergi untuk orang dewasa sekarang akan dikenakan biaya HK$88, naik HK$36 dari tahun lalu. Sedangkan tiket pulang-pergi konsesi akan dikenakan biaya HK$44.

May Tsang, manajer umum Peak Complex, mengatakan bahwa mereka telah meningkatkan semua sistem rel kereta api dan mengganti gerbong trem merah burgundy sebelumnya dengan trem hijau, mengacu pada gerbong trem generasi sebelumnya. Mobil trem generasi keenam yang baru akan menampilkan jendela dan skylight yang lebih lebar dan akan mampu mengangkut hingga 210 penumpang, atau 75 persen lebih banyak dari model sebelumnya.

Tsang mencatat bahwa biaya proyek perbaikan selama 14 bulan telah membengkak. Dari perkiraan semula HK$680 juta menjadi hampir HK$800 juta.

Ditanya soal kenaikan tarif, dia mengatakan perusahaan perlu memperhitungkan kenaikan biaya operasional dan keberlangsungan usaha. “Sangat sulit untuk memproyeksikan berapa jumlahnya ketika kami [kembali] dibuka, sekali lagi itu akan sangat tergantung pada jadwal pembukaan kembali perbatasan,” kata Tsang.

“Selama peluncuran kami menawarkan harga promosi dan kegiatan lain yang sangat menarik. Saya yakin ketika orang-orang Hong Kong datang dan menyaksikan karya yang telah kami lakukan, mereka akan merasakan bahwa itu sepadan dengan uangnya,” ujarnya.

Diantara yang baru dari renovasi ini, Central Terminus kini memiliki ruang tunggu yang dapat menampung hingga 1.300 pengunjung. Juga, akan ditampilkan pameran trem dan layar video di dinding terminus. [DDHKNews]

Baca juga: