fbpx
20.8 C
Hong Kong
28 Januari 2021

SMS Hong Kong Layani Pekerja Migran Perempuan

- Advertisement -

Solidaritas Migran Scalabrini (SMS ) adalah organisasi “pekerja migran perempuan: oleh perempuan pekerja migran dan untuk pekerja migran perempuan” yang dibentuk oleh eks BMI Hong Kong dan Singapura tahun 2007. SMS berkantor pusat di Batam bekerjasama dengan Yayasan Dunia Viva Wanita (YDVW) World Foundation for Women (WFF) yang sekaligus donatur SMS.

Menurut Endang Yulianzah –pendiri dan Ketua SMS yang juga Ketua Komisariat Repdam (Relawan Perjuangan Demokrasi di Hong Kong), SMS dan YDVW berdedikasi untuk melayani migran perempuan dan anak yang sebagian besar rentan terhadap diskriminasi gender, eksploitasi tenaga kerja, pelecehan seksual, dan perdagangan manusia dengan misi “Making a Welcome Home for Human Mobility”.

Tujuan SMS ada tiga, yaitu pemberdayaan (menyediakan tempat berlindung untuk perempuan dan anak anak, pemulihan, dan rehabilitasi; pendidikan (memberi pembelajaran kesempatan bagi para migran dan anak anak beresiko); dan keterlibatan (mengembangkan jaringan organisasi grass root, mitra pemerintah dan non-pemerintah, untuk memerangi perdagangan manusia (perempuan dan anak).

SMS pusat memiliki Pondok Madonna, Little Angel (rumah baca anak), dan Community Learning Centre. Sejak tahun2007, SMS telah memberikan bantuan perlindungan bagi perempuan migran lebih dari 300 orang dan 20 orang bayi di Pondok Madonna antara tahun 2009-2010.

SMS juga membantu dalam set up sebuah Litte Angel di koloni air Kampong Air untuk melayani sekitar 50 anak dari keluarga migran terpinggirkan tumbuh dalam kondisi subsistan.

SMS mengembangkan program dan layanan dalam kemitraan dengan pemerintah dan lembaga non-pemerintah di Batam dan Singapura.

Pondok Madonna bagi ibu dan bayi diakui sebagai One Stop Crisis Centre (OSCC) untuk korban eksploitasi seksual dan perdagangan. Para OSCC menyediakan jaringan layanan dalam kemitraan dengan polisi, RS Swasta Kasih Sayang Ibu (KSI), dan mitra sosial YMKK.

Sejak itu SMS terus menyediakan shelter bagi MDWs dari perempuan migran Singapura, Malaysia, dan sebagian dari Indonesia. Adopsi hukum untuk bayi ditangani oleh RS dengan Departemen Sosial. SMS menyediakan layanan keluarga rekonsiliasi bagi klien yang memilih untuk menjaga bayi mereka.

Tahun 2009 SMS bekerjasama dengan mitra sosial, Yayasan Lintas Nusa (LINUS), untuk mendirikan sebuah rumah baca Little Angel untuk melayani sekitar 50 anak dari kluarga migran. SMS juga melibatkan mitra sosial di Singapura, Home and Health Service, berfungsi untuk membantu dan berhasil melaksanakan proyek untuk anak-anak yang tinggal di pinggiran.

BACA JUGA:  DMC Dompet Dhuafa Berikan Bantuan Psikologi Kebencanaan di Lokasi Gempa Sulbar
BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Berikan Layanan Medis dan Distribusikan Logistik di Lokasi Banjir Kalsel

Community Learning Centre, sebagai program layanan untuk migran yang dibuat tahun2008, menyediakan pelayanan rehabilitasi dalam pengembangan mata pencaharian dan keterampilan. SMS berkolaborasi dengan Yayasan Mitra Kesehatan dan Kemanusiaan (YMKK) dan didukung Computer Training Centre untuk pekerja pabrik migran di Batamindo. SMS juga akan bermitra dengan YMKK untuk mendirikan sebuah perpustakaan bagi para pekerja migran di Batamindo.

SMS bermitra aktif dengan HIV AIDS Komisi Batam dan HOME Singapura dalam pencegahan HIV AIDS di Indonesia, Singapura dan Hong Kong.

Pada tahun 2010 SMS secara resmi diakui oleh HOME Singapura sebagai mitra lintas batas untuk Project Stop X — program anti-perdagangan manusia untuk mengimplementasikan lintas batas.

YDVW dan SMS adalah organisasi nonprofit dan bukan organisasi keagamaan, bekerjasama dengan Gerakan Misionaris Scalabrinian Lay (LSMM) di seluruh dunia di 26 negara, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, dan Asia.

SMS cabang Hong Kong berdiri tahun 2010 yang beranggotakan sekitar 100 orang dan 20 orang anggota aktif. Kegiatan SMS biasanya di Meifo Park, antara lain kursus bahasa Inggris gratis dari jam 4-5 sore, training tentang HIV, Paralegal, dan Leadership secara gratis dan terbuka untuk umum. SMS HK juga bekerjasama dengan rumah sakit swasta di HK.

SMS juga memberikan program bantuan ekonomi kepada para pasca migran dari luar negri, juga membuka koperasi di Indonesia. Rencana bulan depan SMS HK akan membuka cabang di Macau.

Agustus 2012 SMS bekerjasama dengan Mahasiswa City Univercity of Hong Kong akan mengadakan tur ke Jakarta selama seminggu tentang BMI bersama guide di Jakarta SBM GASBIINDO.

SMS HK berkantor di 4/F, Flat C, 32 Yee Wo St. Jardine Mansion, Jardine Bazaar, Causeway Bay, HK. Bagi BMI HK yang ingin bergabung di SMS bisa menghubungi Endang Yuliazah (96581073). (Lutfiana Wakhid/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

DDHK.ORG -- Majelis Pengajian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Al-Falah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Rabu (27/01/2021) menyerahkan donasi kemanusiaan kepada Dompet Dhuafa...
5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

DDHK.ORG -- Singkong sering dicap sebagai makanan 'ndeso' karena umum digunakan masyarakat pedesaan sebagai makanan pokok dan kudapan. Di berbagai restoran China dan Thailand...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,371FansSuka
483PengikutMengikuti
232PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×