fbpx
17.5 C
Hong Kong
3 Maret 2021

Sarankan Erwiana Berdamai, BNP2TKI Tuai Protes dari BMI Hong Kong

- Advertisement -

Christofel De HaanDDHK News, Hong Kong — Erwiana, Buruh Migran Indonesia (BMI) Hong Kong yang disiksa oleh majikan, terus mendapat dukungan keadilan dari sesama BMI, KJRI Hong Kong, organisasi-organisasi BMI di Hong Kong, kalangan media, bahkan penduduk Hong Kong. Mereka mendukung kasus Erwiana diselesaikan secara adil.

KJRI Hong Kong telah menyatakan kesiapannya untuk mendampingi Erwiana dalam menuntut keadilan dan hak-haknya. Hal ini disampaikan oleh Konjen RI di Hong Kong, Chalief Akbar, saat menerima petisi BMI Hong Kong pada aksi demo ‘Peduli Erwiana’ di KJRI, Minggu (12/1).

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) menugaskan dua stafnya untuk menjenguk Erwiana di RS Amal Sehat Sragen untuk melihat kondisi korban dan menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada Ayah Erwiana, Minggu (12/1).

Rencananya, BNP2TKI akan menuntut majikan BMI yang bernama Law Wan Tung akibat ulahnya yang telah menyiksa Erwiana.

Direktur Pelayanan Pengaduan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Christofel De Haan di Jakarta, Rabu (15/1) berkata,” Sejujurnya, kami lebih berharap agar keluarga menempuh jalur damai dengan majikannya daripada menempuh jalur hukum yang memerlukan waktu yang lama. Upaya ini tentu selain lebih cepat juga akan membawa manfaat bagi keluarga berupa uang yang besarnya bisa disepakati melalui pengacara yang ditunjuk oleh KJRI Hongkong nantinya.”

Pernyataan De Haan tersebut sontak mendapat protes dari kalangan BMI Hong Kong. Beratus-ratus komentar yang terunggah di salah satu grup jejaring sosial Facebook di Hong Kong menyatakan bahwa kasus Erwiana harus diselesaikan secara hukum dan seadil-adilnya.

“Jika diselesaikan secara damai, maka martabat kita sebagai BMI terus ditindas,” kata Nia salah satu dari komentator dari pernyataan yang diunggah penulis. Penyelesaian secara hukum adalah untuk memberikan efek jera pada majikan agar tidak sewenang –wenang terhadap kung yan ujar komentator lainnya.

BMI berharap BNP2TKI benar-benar memberikan perlindungan secara nyata, membela hak-hak para BMI untuk mendapatkan keadilan dari kasus Erwiana, bukan sebaliknya memberikan saran untuk berdamai guna menyelesaikan kasus Erwiana. (Ida/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

Foto: Doc situs BNP2TKI, Rabu, 15/1/2014.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
262PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -