fbpx
17.8 C
Hong Kong
4 Maret 2021

Pejuang Islam MILF dan Filipina Tandatangani Pakta Perdamaian

- Advertisement -

MILF FilipinaDDHK News, Filipina —  Pemerintah Filipina dan kelompok pejuang Moro Islamic Liberation Frong (MILF) akan menandatangani pakta perdamaian Kamis (27/3/2014). Hal itu untuk mengakhiri salah satu konflik bersenjata terlama dan paling mematikan di Asia. Meski demikian, kedua belah pihak mengingatkan, banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengamankan perdamaian abadi.

Setelah 17 tahun perundingan, pemimpin Front Pembebasan Islam Moro  (MILF) akan menandatangani perjanjian damai dengan imbalan kontrol otonom daerah secara penuh.

“Selama bertahun-tahun kami telah memimpin perjuangan rakyat Bangsamoro dan orang-orang kami telah melalui banyak kesulitan,” kata Wakil Ketua MILF Ghazali Jaafar.

“Kesepakatan ini sangat penting bagi kami sama artinya dengan berakhirnya pertempuran di Mindanao . ”

MILF berjuang selama lebih dari empat dekade untuk kemerdekaan atau otonomi di wilayah selatan Mindanao yang mereka anggap sebagai tanah air leluhur mereka.

Puluhan ribu orang telah tewas dalam konflik itu, sedangkan Mindanao telah menjadi salah satu wilayah termiskin dan paling korup di Filipina.

MILF yang diperkirakan memiliki sekitar 10.000 pejuang adalah kelompok Muslim terbesar yang tersisa dan belum menandatangani perjanjian damai.

Presiden Filipina Benigno Aquino dan Ketua MILF Murad Ebrahim akan mengawasi penandatanganan kesepakatan damai dalam upacara di istana kepresidenan di Manila.

Perjanjian itu akan mempererat hubungan kedua belah pihak sebagai mitra dalam berusaha untuk melaksanakan kesepakatan damai.

MILF akan menyerahkan senjata mereka. Daerah otonom akan terdiri dari sekitar 10 persen dari wilayah Filipina yang memiliki kekuatan polisi sendiri, parlemen regional, dan kekuasaan untuk memungut pajak. Pemerintah pusat akan mempertahankan kontrol atas pertahanan.

Namun demikian, MILF, pemerintah, dan pengamat independen memperingatkan, perdamaian abadi jauh dari terjamin dengan masih banyak kendala yang harus diatasi sebelum pertengahan 2016, tenggat waktu penting karena saat itulah Aquino akan mengundurkan diri. (jaringnews.com/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
263PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×