fbpx
17.5 C
Hong Kong
3 Maret 2021

Masyarakat Internasional Diimbau Peduli Masalah Kashmir

- Advertisement -

dukungan buat kashmirDDHK News, Arab Saudi – Muslim Kashmir yang masih dikuasai India kurang mendapatkan perhatian internasional. Sebuah pertemuan di Jedah mendesak masyarakat internasional untuk membantu menyelesaikan sengketa Kashmir sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB dan aspirasi rakyat Kashmir.

Dalam acara “Kashmir Solidarity” di Jedah, Arab Saudi, Rabu (5/2), Konsul Jenderal Pakistan, Aftab Khokhar, menjadi tamu khusus. Pakistan bersama India kini berbagi kekuasaan di Kashmir. Mayoritas rakyat Kashmir yang beragama Islam menginginkan kemerdekaan.

PBB mengeluarkan resolusi agar diadakan referendum, namun India menolaknya.

Hari Solidaritas Kashmir digelar setiap tahun sejak 25 tahun lalu  oleh Pakistan International School-Jeddah (PIS-J) Azizia.

Muhammad Ahmed, mahasiswa tingkat sembilan, menyampaikan pidato dukungan terhadap rakyat Kashmir. Pembicara lain, Muhammad Zubair, mengatakan bahwa Pakistan akan terus membantu dengan dukungan moral dan diplomatik.

“India harus menyadari bahwa sengketa Kashmir bukan tentang sebidang tanah, tetapi melibatkan nyawa manusia dan emosi,” kata mahasiswa lainnya, Yahya Aneeq.

Zahid Mahmood, seorang siswa kelas 11, mengatakan Kashmir adalah salah satu sengketa internasional tertua yang belum terselesaikan di dunia saat ini.

Tampak hadir dalam pertemuan itu Mahdy Fathallah, Direktur Jenderal Urusan Politik Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Ali Al-Ghamdi, seorang mantan diplomat Saudi dan penulis, dan Abdulwahab Noorwali, mantan asisten sekretaris Majelis World of Muslim Youth (WAMY) .

Khokhar mendesak masyarakat internasional untuk membantu menyelesaikan sengketa sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB dan aspirasi rakyat Kashmir.

Khokhar juga membacakan pesan dari Presiden Pakistan, Mamnoon Hussain, dan Perdana Menteri Nawaz Sharif.

Khokhar mengatakan, Hari Solidaritas Kashmir dilakukan setiap tahun untuk menegaskan kembali “dukungan moral, politik, dan diplomatik kami bagi saudara-saudara kita di Kashmir, termasuk hak untuk menentukan nasib sendiri sebagaimana tercantum dalam Piagam PBB dan resolusi-resolusi PBB yang relevan. ”

Fathallah mengatakan, OKI secara konsisten menunjukkan dukungannya bagi rakyat Kashmir dalam perjuangan mereka untuk memperolah hak asasi manusia mereka.

Para peserta Kashmir Solidarity juga mengajukan banding ke PBB, OKI, dan lembaga Islam lainnya untuk mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan bagi rakyat Kashmir.  (mel/arabnews.com/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
262PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -