ArtikelKonsultasi

Lupa Bersedekah Subuh

Lupa Bersedekah Subuh

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Saya kan biasa sedekah Subuh. Tapi pernah, selepas sholat Subuh saya lupa sedekah. Itu gimana iya? Apakah saya harus ulang sedekahnya dari hitungan hari pertama, atau lanjut besok dengan hitungan hari berikutnya?

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Bersedekah merupakan bukti kebenaran iman seorang mukmin. Bersedekah bisa kapan saja. Namun ada beberapa waktu yang terbaik untuk bersedekah, seperti bulan Ramadhan, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, dan sebagainya.

Termasuk juga sedekah di pagi hari, berdasarkan hadits yang berbunyi:

عن أبي هُريرة قَالَ: قالَ رَسُول اللَّه ﷺ: مَا مِنْ يَوْمٍ يُصبِحُ العِبادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا (متفق عليه)

Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallãhu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang bersedekah. Dan yang satu lagi berkata: Ya Allah, berikan kerusakan kepada yang bakhil.” (H.R. Bukhari Muslim)

Jika seseorang terbiasa sedekah di waktu pagi, lalu dia lupa bersedekah pada suatu pagi, maka ia tidak termasuk dalam golongan orang yang didoakan kerusakan oleh malaikat seperti pada hadits di atas. Hanya saja meskipun pagi sudah berlalu, ia masih bisa bersedekah di hari itu juga tanpa harus menunggu besok pagi, juga tanpa harus mengulang dari hitungan hari pertama. Besok paginya, lanjutkan sedekah seperti biasanya.

Semoga bermanfaat.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×