ArtikelKonsultasi

Ingin Bayar Hutang tapi Orangnya Sudah Tidak Bisa Ditemukan

Ingin Bayar Hutang tapi Orangnya Sudah Tidak Bisa Ditemukan

Assalamu’alaikum. Ustadz, saya mau bertanya.

Saya sekarang berada di Indonesia. Sewaktu kerja di Hong Kong, saya masih punya tanggungan pulsa di salah satu penjual pulsa Telkom bernama Dewi di Causeway Bay.

Dulu, saya membeli pulsa dengan cara transfer vouchernya. Sebulan sekali saya membayarnya. Waktu itu, saya mendadak harus pulang. Jadi, sampai sekarang belum sempat saya bayar hutang pulsa yang terakhir.

Saya sudah hubungi teman saya yang masih di Hong Kong, memintanya untuk mencari Dewi dan membayarkan hutang saya sebesar HK$400 kepada Dewi. Nanti uangnya saya ganti dengan rupiah sesuai kurs yang berlaku sekarang.

Namun, setelah mencarinya, teman saya tidak menemukannya. Saya berniat melunasi hutang saya, bagaimana caranya, Ustadz? Mohon pencerahannya.

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Bismillah… Cara membayar hutang orang yang hilang kontak atau tidak diketahui keberadaannya adalah dengan cara kita cari dulu informasinya sebisa kita. Kalaupun usaha tadi belum juga membuahkan hasil, maka kita bisa menggunakan cara yang kedua, yaitu kita bersedekah dengan nominal hutang kita kepada orang tersebut sambil diniatkan pahalanya untuknya. Kalaupun ternyata di kemudian hari kita ditakdirkan untuk bertemu dengan orang tersebut, maka kita wajib memberitahunya perihal sedekah kita dari utang kita yang diniatkan pahalanya untuk orang tersebut. Jika dia ikhlas, maka pahala untuknya. Namun jika ia tetap menagih hutangnya, maka kita wajib mengembalikan hutang kepadanya. Adapun pahala sedekah tadi adalah milik kita.

Adapun masalah hutang dengan mata uang tertentu, maka pengembaliannya bisa dengan dua cara:

  1. Dengan mata uang yang sama ketika berhutang tanpa melihat kenaikan atau penurunan nilainya, atau
  2. Dengan mata uang yang berbeda ketika berhutang, maka harus disamakan dengan kurs yang sekarang atau saat mengembalikan hutang tersebut.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Salam!

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×