ArtikelKesehatan

Waspadai 5 Bahaya Makan Pedas Berlebihan

DDHK.ORG — Makanan pedas banyak digemari masyarakat Indonesia. Namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan dan terlalu sering, bahaya mengancam Kesehatan tubuh.

CNN Indonesia melansir dari Eatthis, setidaknya ada 5 bahaya yang perlu diwaspadai akibat mengonsumsi makanan pedas yang berlebihan. Pertama, diare dan sakit perut yang merupakan reaksi paling umum terjadi usai menyantap makanan pedas. Penyebabnya, terjadi iritasi lapisan dalam usus oleh cabe yang masuk ke perut.

Kedua, insomnia dan oenurunan kualitas tidur. Terutama, jika makanan pedas disantap menjelang tidur di malam hari. Yang terasa adalah begah, mules, perut melilit, lalu menyebabkan ketidaknyamanan dalam berbaring.

Ketiga, iritasi kulit seperti lecet lecet dan ruam kemerahan. Sebab, makanan pedas bisa merangsang reseptor di kulit yang biaanya merespons rasa perih, gatal, atau perubahan suhu udara.

Keempat, radang tenggorokan. Ketika makanan pedas masuk ke dalam tubuh dengan jumlah berlebihan, tenggorokan mengalami peningkatan suhu menjadi panas dan teriritasi.

Kelima, muncul jerawat dan sebabkan eksim. Ketika makanan pedas menyebabkan iritasi di usus, peradangan ini juga mempengaruhi kulit menjadi kemerahan, muncul jerawat, dan eksim. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×