ArtikelKesehatan

Waspada, Keasikan Main HP Saat Buang Air Besar Bisa Sebabkan Wasir

DDHK.ORG — Banyak orang yang menghilangkan bosan saat buang air besar (BAB) dengan main handphone (HP) untuk membuka media sosial, membaca berita, atau menjawab pesan WhatsApp. Namun taukah Anda, kebiasaan itu berbahaya bagi kesehatan?

Seorang ahli bedah kolorektal, Karen Zaghiyan, menjelaskan bahwa penggunaan HP saat BAB bisa menyebabkan wasir. Gangguan kesehatan yang terjadi memang bukan disebabkan oleh HP yang digunakan, tetapi lebih kepada berapa lama Anda duduk di toilet karena terlalu asik bermain ponsel.

“Menyebabkan wasir membengkak dengan darah, menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak atau berdarah,” kata Zaghyan, seperti dikutip Healthline, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Ahli bedah plastik asal Detroit, Anthony Youn, juga mengungkap bahwa duduk di toilet selama lebih dari 15 menit bisa menyebabkan wasir. “Duduk di toilet untuk waktu yang lama, terutama saat Anda mengejan dapat menyebabkan darah berkumpul di sekitar rektum dan anus Anda,” kata Youn, seperti dikutip Men’s Health.

Cara termudah agar wasir tidak muncul adalah memangkas waktu Anda di toilet yakni dengan tidak membawa HP. Selain itu, menggunakan HP di kamar mandi juga bisa membuatnya terkontaminasi bakteri E. coli dan mikroba jahat lainnya.

Hal pertama yang mesti Anda ketahui adalah gunakan toilet sesuai kebutuhan. Jika Anda tak terlalu merasa mulas, jangan dipaksakan.

Maksimal, waktu buang air besar adalah 15 menit. Jika lebih dari itu ada indikasi terkena sembelit. Hindari duduk dan mengejan untuk waktu yang lama. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×