BeritaDunia Islam

Warga Indonesia Bangun Masjid Istiqlal di Osaka Jepang

DDHK.ORG — CNN Indonesia, Rabu, 5 Januari 2022, memberitakan beberapa warga negara Indonesia (WNI) membangun Masjid Istiqlal di tengah Kota Osaka, Jepang. Kehadiran Masjid Istiqlal Osaka ini diharapkan dapat mempermudah umat Muslim yang ingin beribadah di wilayah tersebut.

Masjid ini belum resmi dibuka. Kepada CNN Indonesia, Ketua Yayasan Masjid Indonesia Osaka Foundation, Herizal Adhardi, berharap masjid ini dapat segera beroperasi setelah semua urusan beres.

“Masjidnya sendiri belum dibuka karena kita belum melunasi. Pada 3 Desember, kita diberikan waktu sekali saja untuk salat Jumat. Setelah itu, nanti setelah kita bayar lunas semuanya baru kita dapatkan kuncinya dan kita gunakan untuk beribadah,” ujar Herizal.

Herizal dan teman-temannya sebenarnya sudah berhasil mengumpulkan biaya untuk pelunasan pada Jumat, 31 Desember 2021 silam. “Biaya untuk pelunasannya sudah ada, tinggal memikirkan biaya renovasinya. Jadi dana yang kita butuhkan sebenarnya kurang lebih Rp28 miliar. Rp28 miliar itu untuk pelunasan gedung kita. Kemudian kita butuh dana renovasi dan lain sebagainya,” kata Herizal.

“Jadi totalnya itu mungkin kalau di-include-kan dengan administrasi itu kurang lebih, tergantung kurs Yen-nya ya, antara Rp27 miliar sampai Rp28 miliar.”

Di gedung Masjid Istiqlal Osaka ini, ungkap Herizal, pihak yayasan berencana membuat tempat salat, madrasah, dan mualaf center. Saat ini, pembangunan Masjid Istiqlal Osaka hanya terkendala masalah keuangan.

Selain itu, pemerintah dan warga Jepang menyambut baik inisiatif pembuatan masjid ini. “Sekarang di Jepang ini semuanya, khususnya dalam bidang keagamaan, Jepang sangat welcome sekali. Otomatis tidak ada batasan dari mereka, asalkan kita masih mematuhi Undang-Undang Jepang,” ucapnya. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×