ArtikelKonsultasi

Waktu Terbaik untuk Sholat Dluha

DDHK.ORG – Waktu Terbaik untuk Sholat Dluha

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Apakah sholat Dluha hanya boleh dilakukan setelah jam 8 pagi? Dan, bagaimana hukumnya kalau kita sholat Dluha jam 7-8 pagi? Karena setelah itu sudah masuk jam kerja.

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Saudariku yang dirahmati Allah.

Dluha mempunyai arti mengembangnya matahari dan meratanya siang. Adapun sholat Dluha adalah sholat sunnah yang dilakukan di waktu naiknya matahari setelah terbit hingga menjelang masuk waktu Zhuhur.

Waktu sholat Dluha dimulai ketika matahari naik seukuran satu tombak atau sekitar 12 hingga 15 menit setelah terbit (syuruq). Sebagian ulama lain lebih menyukai jika waktu Dluha dimulai ketika matahari naik seukuran dua tombak, artinya matahari sudah lebih naik atau sekitar 24 hingga 30 menit setelah terbit (syuruq), dan pendapat kedua ini lebih hati-hati. Adapun waktu sholat Dluha berakhir pada saat matahari tepat di tengah-tengah langit atau tepat di atas kepala kita. Kira-kira sekitar 15 menit sebelum masuk waktu sholat Zhuhur.

Misalkan di Indonesia terbit (syuruq) pukul 05.48 WIB, maka seseorang boleh melakukan sholat dluha mulai kira-kira pukul 06.15 WIB.

Namun waktu terbaik untuk melakukan sholat Dluha adalah jika sudah beranjak seperempat dari waktu siang atau di saat anak-anak unta sudah merasakan terik matahari. Jika kita mengira-ngira waktu terbaik untuk melakukan sholat Dluha adalah sejak mulai pukul 09.00 WIB.

Hal tersebut sesuai dengan hadits berikut:

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ (رواه مسلم)

“Zaid bin Arqom melihat sekelompok orang melaksanakan shalat Dluha, lantas ia mengatakan, “Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain waktu yang mereka kerjakan saat ini, ada yang lebih utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Waktu terbaik) shalat Awwabin (shalat Dluha) yaitu ketika anak unta merasakan terik matahari.” (H.R. Muslim)

Yang dimaksud dengan Awwabin adalah orang-orang yang selalu bertaubat kepada Allah Subhãnahu wata’ala.

Jadi jika ada orang yang melakukan sholat Dluha antara pukul 07.00-08.00 WIB, maka boleh dan sholatnya sah. Namun perlu diketahui bahwa semakin siang sholat Dluha dilakukan asalkan sebelum habis waktunya, maka itu jauh lebih baik.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Semoga bermanfaat.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Baca juga: