ArtikelKesehatan

Tips Supaya Tidak Lemas Saat Berpuasa

DDHK.ORG — Bulan Ramadhan segera tiba. Kita harus menyiapkan segalanya untuk menjalankan ibadah puasa. Termasuk, kesiapan fisik.

Seringnya, kita merasa lemas dan kurang bertenaga saat berpuasa. Sebagian dari kita, merasa mengantuk dan akhirnya tidur seharian hingga jelang waktu Maghrib tiba.

Mengutip ahli gizi klinis, Putri Sakti, CNN Indonesia memberikan tips agar tubuh tetap fit dan bugar selama menjalani ibadah puasa. “Memang wajar lemas atau merasa tidak fit. Tapi ada kuncinya agar tubuh tetap fit walau sedang puasa,” kata Putri dalam Bincang Shopee yang digelar secara daring, Selasa (29/3/2022).

Pertama, penuhi nutrisi harian. Jangan pernah melewatkan makan sahur dan berbuka. “Kadang-kadang, kan suka malas sahur. Jangan! Jangan sampai di-skip sahur ini, karena penting agar tubuh tidak lemas sepanjang hari,” kata Putri.

Kedua, perhatikan makanan yang dikonsumsi. “Sebaiknya makan yang bergizi, nutrisinya ada, karbohidratnya ada, lemak juga, serat ada, karena ini semua penting. Tapi, jangan sampai berlebihan,” ujarnya.

Ketiga, perhatikan makanan saat berbuka puasa. Sebaiknya, hindari makan langsung dalam porsi besar saat berbuka puasa. “Misalnya saat berbuka, minum air putih dan buah atau beberapa butir kurma, beri jeda, salat dulu. Nah, setelah itu baru boleh makan besar, tapi jangan berlebihan. Jangan kalap, ya,” ujar Putri.

Keempat, penuhi asupan air. Minimal 8 gelas harus tetap dipenuhi. Kita disarankan untuk menerapkan metode 2-4-2 demi memenuhi asupan cairan. Minum 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di sela-sela waktu makan, dan 2 gelas saat sahur. “Jadi kebutuhan delapan gelas per hari bisa tetap terpenuhi,” katanya.

Kelima, tidur cukup. Misalnya, hindari tidur malam di atas pukul 22.00 WIB. Selain itu, Anda juga bisa mengambil waktu untuk tidur siang selama 30-60 menit di siang hari.

Keenam, tetap berolahraga. Selama bulan Ramadan ini, kita bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai selama 30-35 menit. “Olahraga bisa dilakukan di waktu sebelum berbuka puasa,” kata Putri.  [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×