ArtikelKeuangan

Tips Agar Kita Tak Pernah Kehabisan Uang

DDHK.ORG – Banyak orang yang merasa kaya dan berfoya-foya saat awal bulan, karena barus aja menerima gaji. Tapi mulai pertengahan hingga akhir bulan, langsung berubah “miskin”, karena uang gaji sudah keburu habis.

Apakah Anda mengalami hal itu? Dan, terjadi berulang-ulang?

Dilansir dari Koin Works, ada 5 tips untuk terhindar dari “kesengsaraan akhir bulan”.

Pertama, buat anggaran harian, mingguan, atau bulanan. Penganggaran ini akan membatasi pengeluaran Anda.

Misalnya, gaji Anda HK$4,630 dan ingin menabung HK$1,000 per bulan. Berarti, yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan dikirim ke keluarga di rumah adalah HK$3,630.

Uang sebesar itu harus ditulis penggunaannya untuk apa saja. Misalnya, untuk berinfak, makan satu bulan, beli pulsa telepon dan kuota internet, transportasi saat libur, dan pengeluaran lainnya.

Kedua, berhemat makan. Anda tetap bisa makan enak dan ngemil, namun mulai sekarang kurangi porsi dan intensitasnya. Ingat, banyak hal lebih penting yang harus menjadi prioritas demi masa depan Anda.

Ketiga, manfaatkan diskon dan promo. Seringnya, kita malas mengumpulkan poin dan antipati terhadap kegiatan promosi yang dilakukan berbagai perusahaan. Padahal, banyak produk dan layanan yang diberikan betul-betul kita butuhkan.

Keempat, Hindari belanja berlebihan. Kita harus bisa memilah, antara kebutuhan dan keinginan. Jadi, agar tidak merana di akhir bulan, sebaiknya kontrol keinginan berbelanja Anda.

Jangan lagi membuang uang untuk membeli barang yang sebetulnya tidak benar-benar Anda butuhkan. Apalagi, gara-gara itu Anda harus membayar sewa tempat penyimpanan koper karena sudah kebanyakan barang dan tidak muat lagi di rumah.

Kelima, cari penghasilan tambahan. Untuk mencari penghasilan tambahan, Anda bisa mencari pekerjaan tambahan saat libur, membuka usaha di rumah yang dikelola keluarga, berjualan online, atau berinvestasi. [DDHK NEWS]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×