ArtikelKonsultasi

Sholat dengan Keadaan Mengantuk

Sholat dengan Keadaan Mengantuk

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Kalau saat sholat mata suka buka tutup seperti ngantuk, apakah sah sholatnya?

Syukron, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Terima kasih atas pertanyaannya. Para ulama mengatakan bahwa melaksanakan shalat dalam keadaan mengantuk hukumnya tetap sah, namun makruh. Meskipun sah, namun sebaiknya shalat dalam keadaan mengantuk dihindari.

Terdapat beberapa hadits yang dijadikan dalil oleh para ulama mengenai kemakruhan shalat dalam keadaan mengantuk ini. Di antaranya, adalah hadits riwayat Imam Bukhari, bahwa Nabi Saw bersabda:

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يُصَلِّى فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ لاَ يَدْرِى لَعَلَّهُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبَّ نَفْسَهُ

“Jika salah seorang di antara kalian dalam keadaan mengantuk dalam shalatnya, hendaklah ia tidur terlebih dulu hingga hilang ngantuknya. Karena jika salah seorang di antara kalian tetap shalat, sedangkan ia dalam keadaan mengantuk, ia tidak akan tahu, mungkin ia bermaksud meminta ampun tetapi ternyata ia malah mencela dirinya sendiri.”

Oleh karenanya, kalau waktu sholat masih panjang, dan kita dalam keadaan lelah dan mengantuk, sebaiknya istirahat terlebih dulu sampai hilang kantuknya, lalu menjalankan sholat. Namun kalau waktunya sempit, diupayakan agar sholat dilaksanakan dengan baik.

Dalam konsep fikih Mazhab Syafii, tertidur dianggap sebagai salah satu di antara hal yang berpotensi membatalkan wudlu. Dengan catatan, jika orang yang tertidur tersebut berada dalam posisi berbaring, menelungkup, duduk sambil bersandar kepada sesuatu, atau berdiri. Jadi sebaiknya sholatnya diulangi.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

[Dijawab oleh: Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim]

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHK News]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×