ArtikelProfil Ustadz

Profil Ustadz: Talqis Nurdianto

DDHK.ORG — Talqis Nurdianto, akrab dipanggil Buya Talqis, kelahiran Kudus, Jawa Tengah ini, salah satu dai Cordofa Dompet Dhuafa di Hong Kong pada akhir tahun 2019.

Putra ke delapan dari pasangan Kastaman dan Nuripah kelahiran kudus ini menyelesaikan pendidikan Tsanawiyah dan Aliyahnya di Madrasan Ma’ahid Kudus. Jauhnya jarak antara rumah dan sekolahnya dinikmati dengan mengayuh sepedanya setidaknya 25 km pergi dan pulang.

Lelaki yang menyelesaikan kuliah S1 di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini suka belajar bahasa Arab agar mendapatkan kemudahan dalam memahami Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW.

Perjalanan pendidikannya cukup panjang dan tidak sedikit cobaan yang harus dihadapi. Dia pernah cuti tidak kembali atau keluar dari kuliah karena orang tua tidak mampu membayar uang kuliah semester 3 kala itu. Kebulatan tekad untuk thalabul ilmi dan ridlo orang tua memudahkan peluang belajar dengan beasiswa pembebasan biaya kuliah dan bantuan makanan di samping asrama yang gratis. Setidaknya masih ada kesempatan untuk terus belajar. Beliau memegang kartu KAGAMA sebagai salah satu alumni UGM Yogyakarta yang kemudian kota istimewa ini menjadi pilihan untuk menyelesaikan masternya.

Ustadz yang Hobi Menulis

Penulis yang menikah dengan Shalikunihayah, M.Psi. Psikolog ini sekarang tengah menyelesaikan program doktoral di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) sebagai kampus ke-9 sejak yang pertama di IAIN Yogyakarta (sekarang UIN Yogyakarta) memiliki beberapa karya, baik yang sudah ber-ISBN maupun yang belum.

Di antara buku beliau Kamus Al-Arabiyah Baina Yadaik (ABY) jilid 1 tahun 2013 cetakan Masjid Mardhiyah UGM, Bekal Dakwah Mubaligh Hijrah tahun 2014 cetakan Majelis Tabligh PWM DIY, Perilaku Inna dan Kaana Dalam Kajian Bahasa Arab tahun 2015 cetakan Zahir Publising, Kalimat Ismiyyah dan Fi’liyah Bahasa Arab 2016 cetakan Zahir, Tafhimul Quran Metode Memahami Juz 30 tahun 2017 cetakan Zahir, dan Ilmu Nahwu Bahasa Arab tahun 2018 cetakan Zahir, Oase Biru Di Hong Kong penerbit Zahir 2020, serta Pengantar Ilmu Balaghah Bahasa Arab dalam proses penerbitan di UMY Press untuk 2020.

Buku karya beliau bisa didapati di toko buku atau online shop di Indonesia dan beberapa judul bukunya sudah sampai di tangan pembaca di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong dan Amerika Serikat. Pembaca bisa berkomunikasi dengan beliau melalui email pribadi di elqohirry@gmail.com.

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×