fbpx
17.6 C
Hong Kong
8 Maret 2021

Pekerja Migran Indonesia di Macau Dapatkan Vaksin Gratis

- Advertisement -

DDHK.ORG — Macau telah memulai vaksinasi Covid-19 warganya pada 10 Februari 2021 lalu. Pemerintah Macau telah mengumumkan kelompok warga yang akan mendapatkan vaksin secara gratis dan yang tidak gratis.

Dari kategorisasi tersebut, pekerja migran Indonesia, yang tergolong sebagai pekerja non-residen akan mendapatkan vaksin secara gratis. “Pemerintah memastikan bahwa pekerja non-residen akan memiliki akses gratis ke program vaksin Covid-19 Macau,” tulis TDM Canal Macau, 8 Februari 2021 lalu.

“Mahasiswa asing dan non-residen yang sedang menjalani hukuman penjara di Makau juga akan diberikan vaksin gratis,” tulis TDM.

Pemerintah juga akan menawarkan akses ke vaksin kepada mantan pekerja pemegang Blue Card yang secara resmi diizinkan untuk tinggal di Macau, karena terkena kebijakan pembatasan perjalanan akibat wabah Covid-19. “Namun, mereka akan dikenai biaya 250 patacas untuk setiap dosis vaksin COVID-19,” tulis TDM.

Hanya orang berusia 18 hingga 60 tahun yang memenuhi syarat untuk divaksin. Namun, pengecualian akan terbuka untuk orang-orang yang berusia di atas 60 tahun jika mereka dalam keadaan sehat dan memiliki risiko tinggi terpapar virus corona jenis baru.

Wisatawan yang saat ini berada di Macau tidak akan memiliki akses ke proses vaksinasi.

Tunggu Tahap Ketiga

Mulai tanggal 9 Februari 2021 semua warga Makau sudah bisa mendaftar untuk menerima vaksin Covid-19. Namun pekerja non-residen dan non-residen yang secara legal berdomisili di Macau harus menunggu putaran vaksinasi berikutnya, yang menurut otoritas akan bergantung pada kemajuan vaksinasi kelompok prioritas dan penduduk lokal.

“Sedangkan untuk tahap ketiga, kami akan terbuka untuk non-residen yang berdomisili di Macau, seperti pekerja non-residen dan non-residen lainnya yang berada di Macau. Ini akan tergantung pada kemajuan vaksinasi tahap pertama dan kedua sebelum program vaksinasi diperluas ke individu-individu ini. Periode pendaftaran untuk individu-individu ini akan diumumkan sesuai dengan situasi,” kata Leong Iek Hou, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Macau.

Pekerja migran Indonesia yang bekerja di berbagai sektor di Macau tergolong kelompok ini.

Otoritas Kesehatan Macau mengatakan bahwa putaran pertama vaksinasi akan diberikan kepada kelompok prioritas. Yakni, petugas polisi, pemadam kebakaran, pekerja medis, dan karyawan “gaming” yang bekerja di garis depan, sudah dapat mendaftar di situs web khusus.

Bagi warga lain, mereka akan dapat mulai mendaftar pada Selasa (9/2/2021) siang dan akan menerima vaksin mereka setelah 22 Februari. “Namun, jika seorang pekerja non-residen dianggap sebagai anggota dari kelompok berisiko tinggi karena sifat pekerjaannya, mereka akan tetap diprioritaskan,” tulis TDM. [DDHK News]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Interaksi dengan Al-Quran

Interaksi dengan Al-Quran

Oleh Ustadz Imam Al Faruq Disampaikan saat Kajian Madrasah Perantau Online (MPO) DDHK, Ahad, 28 Februari 2021. Mengapa kita harus menjadi ahlul-Quran? اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم...
Hikmah Kisah Para Sahabat Nabi

Hikmah Kisah Para Sahabat Nabi

Oleh Ustadz Hardy Agusman Disampaikan saat Kajian Madrasah Perantau Online (MPO) DDHK, Sabtu, 6 Maret 2021. Siapa itu sahabat? Secara terminologi, kata "Sahabat" merupakan bentuk jama' atau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,474FansSuka
552PengikutMengikuti
272PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×