ArtikelKonsultasi

Pandangan Islam tentang Mengurus Orang Tua yang Sedang Sakit

Pandangan Islam tentang Mengurus Orang Tua yang Sedang Sakit

Assalamu’alaikum. Ustadz, saya mau bertanya.

Saya punya ibu yang sakit keras dan sudah menua, tapi saya tidak bisa mengurusnya karena kerja dan jauh. Apakah saya berdosa, pak Ustadz?

Lalu, bagaimana dengan pandangan agama Islam tentang hal ini?

Syukron Ustadz, barakallah.

Salam, Fulanah

JAWAB:

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Terimakasih atas pertanyaannya. Merawat orang tua atau birrul walidain merupakan amalan yang utama, hukumnya fardhu ain, dan amalan ini merupakan hak orang tua atas anak-anaknya. Apalagi, jika sudah sepuh atau dalam keadaan sakit berkepanjangan.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat al Isra 23-24:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.“

Surat Al Isra ayat 23-24 di atas berbicara tentang ayah dan ibu. Orang tua adalah sosok yang sangat penting bagi setiap insan. Tidak mungkin kita lahir ke bumi ini hingga dewasa tanpa perawatan dan kasih sayang orang tua. Selayaknya, di usia senjanya kita bisa merawat dan memuliakannya.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Merawat orang tua yang sudah jompo bisa menjadi ladang ibadah bagi anak. Itu dapat memperoleh kemuliaan di sisi Allah dan membukakan pintu-pintu rahmat Allah. Bagi anak-anak yang merawat orang tuanya yang sudah tua, maka akan memperoleh berkah dalam hidupnya.

Oleh karenanya, minta petunjuk Allah melalui sholat istikharah, dan ikhtiarkan agar bisa merawat orang tua secara langsung dengan menyelesaikan akad kerja dengan baik. Semoga Allah memudahkan.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Salam!

[Dijawab oleh: Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim]

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHK News]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×