fbpx
17.8 C
Hong Kong
8 Maret 2021

Masjid-Masjid Jerman Gelar ’Open House’

- Advertisement -

Merayakan hari reunifikasi Jerman pada 3 Oktober 2010, masjid-masjid di Jerman menggelar ”open house” bagi warga Jerman. Tradisi itu telah berlangsung sejak tahun 1997. Sejak tahun 1990, tanggal 3 Oktober menjadi hari libur di Jerman untuk menandai penyatuan kembali negara Jerman Barat dan Jerman Timur.

Pada tanggal itu pula, sejak 1997, masjid-masjid di Jerman seakan menjadi ”rumah terbuka nasional”.

Situs DW-WORLD.DE (2/10) mengabarkan, tahun ini, moto ”open house” adalah ”Al-Qur’an – 1400 tahun, topikal dan bagian dari kehidupan sehari-hari”. Tujuannya untuk merayakan turunnya wahyu (Quran) kepada Nabi Muhammad 1.400 tahun lalu.

Pada hari open house itu, warga Jerman –Muslim dan non-Muslim– diundang untuk mengunjungi masjid-masjid dan pusat kebudayaan Islam di seluruh negeri. Lebih dari 500 masjid akan membuka pintu mereka bagi warga Jerman.

Meskipun open house masjid berlangsung sejak 1997, sejarah masjid di Jerman sendiri sudah berlangsung sejak lama. Menurut situs Dewan Koordinasi Muslim KRM, masjid pertama Jerman dibangun pada 1739 oleh Raja Prusia, Friedrich Wilhelm I. Ia membangun masjid itu untuk beberapa prajuritnya yang Muslim.

Saat ini diperkirakan terdapat lebih dari 2.000 mesjid di Jerman. Pemerintah Jerman memberi kebebasan warganya untuk melaksanakan ajaran agamanya.

Menurut data resmi pemerintah Jerman, saat ini ada sekitar 3 juta Muslim di negeri berpenduduk 80 juta jiwa itu. Namun, Dr Mustafa Yuldas, Ketua Schura (Dewan Masyarakat Islam di Hamburg) menyebutkan, Muslim di Jerman sekitar 5 juta, sebagian besar imigran asal Turki. (Mel/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Interaksi dengan Al-Quran

Interaksi dengan Al-Quran

Oleh Ustadz Imam Al Faruq Disampaikan saat Kajian Madrasah Perantau Online (MPO) DDHK, Ahad, 28 Februari 2021. Mengapa kita harus menjadi ahlul-Quran? اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم...
Hikmah Kisah Para Sahabat Nabi

Hikmah Kisah Para Sahabat Nabi

Oleh Ustadz Hardy Agusman Disampaikan saat Kajian Madrasah Perantau Online (MPO) DDHK, Sabtu, 6 Maret 2021. Siapa itu sahabat? Secara terminologi, kata "Sahabat" merupakan bentuk jama' atau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,474FansSuka
552PengikutMengikuti
272PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×