fbpx
20.2 C
Hong Kong
1 Desember 2020

Koin Menumpuk? Ini Cara Menukarkan Koin di Hong Kong

- Advertisement -

Coin Cart Hong Kong

DDHK.ORG – Koin sudah menumpuk di rumah? Bingung mau digunakan untuk apa? Apalagi koin Hong Kong, satu toples saja sudah berat. Jangan khawatir, di Hong Kong ada layanan penukaran koin keliling melalui mobil yang bernama Coin Cart. Setiap hari ada dua mobil yang melayani penukaran koin secara bergilir ke distrik-distrik di Hong Kong. Artikel ini akan mengulas secara detail tentang bagaimana cara menukarkan koin di Hong Kong.

Coin Cart diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2014. Program ini merupakan skema pengumpulan koin terstruktur pertama di dunia yang menggunakan pendekatan seluler. Kedua Coin Cart ini mengumpulkan koin dari publik di 18 distrik Hong Kong secara bergilir dan gratis.

Koin yang terkumpul kemudian diedarkan kembali untuk memenuhi permintaan publik, membuat sirkulasi lebih efisien dan mengurangi kebutuhan untuk mencetak koin baru. Program ini telah memenangkan beberapa penghargaan lokal dan internasional sebagai pengakuan atas pendekatannya yang inovatif dan ramah lingkungan.

Cara Menukarkan Koin

Lalu, bagaimana cara menukarkan koinnya? DDHK akan berbagi pengalaman kepada Anda semua dengan jelas dan terperinci. Simak baik-baik langkah-langkah berikut:

1. Lihat Jadwal Coin Cart

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat jadwal Coin Cart di website resmi HKMA (Hong Kong Monetary Authority. Layanan dimulai pukul 10.00 hingga 19.00. Usahakan carilah jadwal lokasi distrik yang paling dekat dengan rumah Anda. Coin Cart beroperasi sekitar 6-7 hari di setiap distriknya, dengan satu hari libur.

2. Gunakan Kantong Yang Aman

Karena koin Hong Kong yang lumayan berat, maka carilah kantong yang kuat agar bisa aman saat membawanya. Bila perlu, gunakan troli atau koper jika koin yang mau ditukar jumlahnya banyak. Jangan sampai dalam perjalanan kantong yang dipakai sobek dan koin tumpah ke jalan.

3. Cari Rute Transportasi yang Tepat

Pilihlah jenis transportasi yang tepat, menyesuaikan dengan jumlah koin yang Anda bawa. Kalau jumlahnya sedikit, Anda tentu bisa lebih bebas memilih transportasi jenis apa saja. Akan tetapi kalau jumlah koin yang Anda bawa mencapai satu koper, maka Anda harus memilih transportasi yang paling memungkinkan.

Pelajari terlebih dahulu lokasi Coin Cart di Google Map, agar tidak membuang waktu terlalu lama untuk mencari alamat. Biasanya mobil Coin Cart parkir di pinggir jalan atau masuk ke dalam halaman komplek Gedung. Ingatlah ciri-ciri mobilnya agar memudahkan Anda dalam mencarinya.

BACA JUGA:  Dasyatnya Lisan
BACA JUGA:  Adab Bangun dari Tidur

4. Masukkan Koin ke Dalam Wadah yang Disediakan

Menukar Koin Hong Kong
Memasukkan koin ke dalam wadah plastik yang disediakan petugas

Setelah Anda menemukan mobil Coin Cart, akan ada petugas di luar mobil yang akan memberikan kotak/wadah untuk menampung koin yang Anda bawa. Kemudian silakan Anda tuangkan koinnya ke dalam kotak yang disediakan. Para petugas akan melayani dengan ramah dan sangat membantu.

5. Amati Penghitungan Koin

Coin Cart Hong Kong
Petugas sedang menghitung koin menggunakan mesin

Koin yang sudah dituang ke dalam kotak kemudian dibawa masuk ke dalam mobil Coin Cart untuk dihitung dengan menggunakan mesin. Silakan Anda bisa ikut masuk ke dalam mobil untuk mengamati perhitungan.

Semua jenis koin baik sen maupun dolar akan dihitung secara bersamaan/bercampur. Maka, Anda tidak perlu memisahkan koin menurut nominalnya. Koin yang tidak sesuai akan ditolak/reject secara otomatis. Koin yang reject antara lain karena kondisinya sudah jelek, kotor, ataupun koin tersebut merupakan koin asing, bukan koin Hong Kong. Koin yang reject akan dikembalikan kepada Anda. Anda bisa pakai koin tersebut untuk naik Tram atau MTR.

Apabila Anda tidak setuju terhadap hasil perhitungan, maka semua koin akan dikembalikan. Akan tetapi, bila Anda setuju maka petugas akan memberikan struk tanda terima untuk ditukarkan ke loket.

6. Tukarkan Struk di Loket

Coin Cart Hong Kong
Menukar Struk di Loket

Selesai proses perhitungan, petugas akan memberikan struk bukti perhitungan koin Anda. Lalu, Anda akan diminta untuk menukarkan struk tersebut di loket penukaran. Anda dapat memilih untuk ditukarkan menjadi uang tunai atau dimasukkan ke dalam Octopus dan E-Wallet seperti AlipayHK, Octopus O! EPay, Tap & Go, TNG Wallet dan WeChat Pay.

Anda juga bisa pilih keduanya, sebagian tunai dan sebagian untuk top up Octopus/E-Wallet. Misalkan hasil perhitungannya tidak genap, sebagai contoh 1,824.60 maka Anda bisa meminta 1,500 dalam bentuk tunai dan 324.60 nya top up ke kartu Octopus. Kalaupun Anda mau minta tunai semua juga boleh, itu semua terserah Anda sesuai keinginan dan kebutuhan.

Pengisian octopus
Sebagian untuk Top Up ke Octopus

Hasil penukaran koin
Hasil penukaran koin menjadi uang kertas dan Top Up Octopus

Demikian langkah-langkah cara menukarkan koin di Hong Kong, mudah bukan? Semua layanan ini gratis dan para petugas sangat ramah. Kini, Anda tidak lagi berat menyimpan koin yang menumpuk di rumah. Selamat mencoba! [DDHK NEWS]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Prosedur Jenguk Teman di Penjara Hong Kong

Ini Prosedur Jenguk Teman di Penjara Hong Kong

Ini Prosedur Jenguk Teman di Penjara Hong Kong DDHK.ORG – Setiap orang di Hong Kong bisa mengunjungi sahabat atau kerabat yang sedang menjalani masa tahanan...
Kumpul-Kumpul Diperketat, Tak Boleh Lebih dari 2 Orang

Kumpul-Kumpul Diperketat, Tak Boleh Lebih dari 2 Orang

Kumpul-Kumpul Diperketat, Tak Boleh Lebih dari 2 Orang DDHK.ORG -- Hong Kong memperketat aturan pembatasan di tengah lonjakan infeksi virus corona. Sejumlah tempat hiburan, termasuk...
Adab Bangun dari Tidur

Adab Bangun dari Tidur

Dasyatnya Lisan

Dasyatnya Lisan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

28,601FansSuka
412PengikutMengikuti
163PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

Adab Bangun dari Tidur

DDHK.ORG -- Hendaklah engkau berusaha supaya dapat bangun dari tidur sebelum terbit fajar dan hendaklah zikrullah yang mendahului segala sesuatu, baik di hatimu atau...

Dasyatnya Lisan

Oleh Ustadzah Nur Hamidah, Lc., M.Ag. DDHK.ORG – Lisan kita adalah kunci kesuksesan keluarga. Lisan bisa jadi mengetuk pintu langit karena selalu di jaga malaikat...

Hukum Istri Ingin Wakafkan Harta Pribadi Tanpa Persetujuan Suami

Hukum Istri Ingin Wakafkan Harta Pribadi Tanpa Persetujuan Suami Pertanyaan: Assalamu'alaikum, Ustadz. Ustadz, saya mau bertanya. Apakah termasuk istri yang durhaka jika saya ingin mewakafkan sebidang tanah...

Ini Cara Periksa dan Daftarkan IMEI HP Secara Online

DDHK.ORG -- Pekerja migran Indonesia di Hong Kong dan Macau sedang heboh soal isu pemeriksaan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) telepon genggam (HP)...

Adab-adab Melaksanakan Ketaatan

Adab-Adab Melaksanakan Ketaatan DDHK.ORG – Ketahuilah olehmu bahwa perintah Allah itu ada yang fardhu (wajib) dan ada yang sunnat. Yang fardhu ialah modal, yaitu asas...
- Advertisement -
×