ArtikelKonsultasi

Doa Agar Anak Baik, Hormat dan Menyayangi kita Orang Tuanya

DDHK.ORG – Doa Agar Anak Baik, Hormat dan Menyayangi kita Orang Tuanya

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Bolehkah saya meminta amalan doa untuk anak, agar saya selalu ada di hatinya, agar dia selalu menyayangi saya, menghargai saya, lebih menghormati saya, agar dia bisa merasakan kasih sayang dari saya walaupun keadaan seperti sekarang? Karena saat ini anak saya semakin menjauh dan membenci saya.

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Saudariku yang dirahmati Allah. Sebelumnya saya ingin menyampaikan rasa prihatin terhadap apa yang menimpa. Namun sebagai orang yang beriman tentu kita yakin, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Jika memang kita tidak melakukan kesalahan terhadap anak, namun ia tidak menghormati dan menghargai kita sebagai orang tua, bahkan sebaliknya ia malah menjauh dari kita, yakinlah Allah sedang menguji kita melalui sikap anak kita. Tapi jika kita pernah berbuat salah pada anak, kemudian anak kita bersikap kurang atau tidak menghargai kita, maka bisa jadi itu teguran dari Allah untuk orang tua.

Namun bagaimanapun, anak tetap berkewajiban menghormati orang tua. Begitu juga orang tua, wajib menyayangi anaknya.

Jika memang anak kita bersikap menjauh dan cenderung membenci kita sebagai orang tua, maka jangan pernah kita berhenti berdoa kepada Allah agar membuka pintu hatinya. Disamping itu, ada ikhtiar kita untuk bisa berkomunikasi baik dengan dirinya.

Diantara doa yang bisa kita panjatkan adalah:

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَ ٰ⁠جِنَا وَذُرِّیَّـٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡیُنࣲ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِینَ إِمَامًا {سورة الفرقان: ٧٤}

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” {Q.S. Al-Furqan: 74}

Atau, doa:

اَللّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِيْ وَلاَ تَضُرُّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِيْ بِرَّهُمْ

“Ya Allah, berkahilah aku, anak anakku, dan janganlah Engkau bahayakan mereka, berikan mereka jalan mudah (taufik) untuk mentaatimu, dan anugerahkan kepadaku kebaikan mereka.”

Atau bisa juga kita kirimkan untuknya bacaan surat Al-Fatihah dengan harapan Allah membukakan pintu hatinya untuk kita.

Semoga Allah anugerahkan kepada kita anak-anak yang sholih dan berbakti, amin.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Semoga bermanfaat.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Baca juga: