BeritaHong Kong

DDHK Gelar Kampanye Kesadaran Ramadhan di 3 Lokasi

DDHK.ORG– Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) menggelar Kampanye Kesadaran Ramadhan di Negeri Beton pada Ahad (11/4/2021), atau 2 hari sebelum tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriyah. Kegiatan kampanye dilakukan di tiga tempat berbeda, yakni di Causeway Bay, Kik Yeung Road Yuen Long, dan di depan Exit stasiun MTR Hang Hau.

“Kampanye ini memiliki tiga tujuan. Pertama, memberikan kesadaran kepada para majikan untuk tidak kuatir apabila pekerja rumah tangganya melakukan ibadah puasa. Kedua, memberikan kesadaran kepada para majikan untuk memberikan izin pekerja rumah tangganya melaksanakan ritual ibadah, seperti shalat lima waktu dan shalat tarawih. Ketiga, memberikan kesadaran kepada para majikan untuk memberikan makanan halal kepada pekerja rumah tangganya,” kata General Manager DDHK, Muhammad Imam Baihaqi.

Dalam kegiatan ini DDHK mengerahkan para relawan dan menggandeng beberapa majelis taklim mitra dakwah. Di Causeway Bay, para relawan serta pengurus dan jemaah Majelis Taklim FKMPU melakukan Kampanye Kesadaran Ramadhan di Russell Street.

Dimulai pada pukul 15.00, mereka bergantian berdiri sambil membentangkan beberapa poster berisi informasi seputar puasa Ramadhan, ibadah shalat, dan makanan halal dalam Bahasa Ingggris dan Kantonis. Berakhhir pada pukul 17.00, kampanye dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Mereka mengenakan masker, satu poster dipegang 2 orang, dan poster berikutnya berjarak sekitar 2 meter.

Kegiatan yang dilakukan di sekitar pusat belanja Time Square ini cukup menyedot perhatian banyak warga Hong Kong. Diantara mereka ada yang mengabadikannya dengan berfoto, ada pula yang berinisiasi bertanyatanya tentang tulisan di poster dalam bahasa Kantonis. Lainnya, sekadar lewat sambil membaca tulisan di poster dan tersenyum.

Kampanye Kesadaran Ramadhan di menarik perhatian warga Hong Kong

Di Yuen Long, Kampanye Kesadaran Ramadhan dilakukan oleh gabungan majelis taklim JRQ Yuen Long Bersatu dan Majelis Taklim Yuen Long dimulai dari sekitar Kik Yeung Road hingga pasar Hop Yick. Sebelum memulai kampanye, para pengurus dan jemaah majelis menggelar yasinan dan doa bersama.

Di Hang Hau, DDHK menggandeng Majelis Bunda Muslimah Hanghau (BMH) untuk pelaksanaan Kampanye Kesadaran Ramadhan. Ketua Majelis BMH, Yannie Pradita, dan wakilnya, Susiani, bersama tiga jamaah lainnya berkampanye di area depan Exit stasiun MTR.

Keberadaan mereka dengan poster yang dibentangkan menyulut perhatian banyak orang yang berlalu Lalang masukkeluar stasiun MTR Hang Hau. Ada yang mendekati, berfoto, serta berbincang seputar tulisan yang terpampang di poster.

Kampanye Kesadaran Ramadhan ini merupakan kegiatan Tarhib Ramadhan yang rutin dilakukan DDHK tiap tahun. Biasanya, Tarhib Ramadhan dilakukan dengan cara melakukan pawai akbar.

Tahun lalu, karena keterbatasan akibat larangan berkumpul karena Pandemi Covid-19, Tarhib Ramadhan dilakukan secara online, disiarkan langsung di Facebook page Dompet Dhuafa Hong Kong. Kali ini, dengan tiga tujuan di atas, Kampanye Kesadaran Ramadhan dipilih sebagai kegiatan Tarhib menyambut datangnya bulan puasa. [Nurhalimah] [DDHK News]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×