fbpx
17.5 C
Hong Kong
3 Maret 2021

DD Kirim Tim Relawan Bencana ke Wasior

- Advertisement -

Dompet Dhuafa (DD) mengirim dua tim tanggap bencana dari Unit Disaster Management Center (DMC) ke lokasi musibah banjir bandang di Wasior, Papua, Kamis (7/10).

Tim DMC diperkuat oleh relawan lokal baik dari daerah setempat maupun yang dikirim dari Makassar, Sulawesi Selatan. Tim DMC beranggotakan sejumlah tenaga rescue dan dokter.

Menurut Direktur Program DD, Arifin Purwakananta, Tim DMC akan berada di sana selama beberapa pekan hingga kondisi dinyatakan stabil. Tim ini akan membantu pertolongan pertama berupa bantuan medis, pendirian dapur umum, dan evakuasi pengungsi.

Selain itu, DD  juga menyiapkan tim untuk membantu membangun hunian sementara (temporary house), klinik bergerak (mobile clinic), dan penyembuhan mental untuk anak-anak (recovery for children) berupa pembangunan Sekolah Ceria.

Guna menyelamatkan pengungsi, Tim DMC DD turut melakukan evakuasi skala besar (10/10) dengan menggunakan Kapal Laut ke Manokwari.

Sejak Jum′at (6/10), Tim DMC DD membuka Dapur Umum bagi para pengungsi yang bertahan di Masjid Al-Falah Distrik Wasior Kota. Warga banyak mengalami kesulitan bahan makanan sejak musibah banjir bandang melanda.

Tim DMC DD sendiri, berhasil mendapatkan bahan makanan dari wilayah lain yang tidak terkena musibah. Untuk bisa memperoleh bahan makanan, Tim harus melewati rute berat berlumpur. “Saat ini saja, persediaan minyak tanah kita tinggal 20 liter” tutur Robi yang didampingi Tim SAR dan Tim Medis

Tim DMC DD juga terus menyemprotkan disinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit di lokasi sekitar, dibantu Relawan lokal.

Sebagian anggota Tim kini berada di Manokwari melayani pengungsi Wasior yang dilimpahkan ke sana. “Semua pengungsi akan diangkut ke Manokwari, dan yang saat ini berada di Nabire pun kan dipindahkan ke Manokwari” tambah Robi. (dompetdhuafa.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

[gs-fb-comments]

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
262PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -