fbpx
17.5 C
Hong Kong
3 Maret 2021

Berterima Kasih atas Kebaikan Orang Lain

- Advertisement -

jazakallahMembalas kebaikan orang lain kepada kita diperintahkan oleh Islam. Rasulullah Saw memerintahkan umatnya agar membalas kebaikan orang lain dengan sabdanya:

“Barangsiapa diperlakukan baik (oleh orang), hendaknya ia membalasnya. Apabila dia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya ia memujinya. Jika ia memujinya, maka ia telah berterimakasih kepadanya, namun jika menyembunyikannya, berarti dia telah mengingkarinya” (HR. Bukhari).

Rasul juga menegaskan, orang yang tidak berterima kasih kepada manusia maka hakikatnya tidak berterima kasih atau bersyukur kepada Allah SWT.

Laa yasykurullaaha manlaa yasykurunnaas. “Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia.” (HR. Bukhari dan Abu Dawud).

Ucapan terima kasih terbaik dalam Islam adalah mengucapkan terima kasih plus doa agar Allah membalas kebaikannya. Dalam bahasa Arab, ungkapan terima kasih dan doa ini berbunyi “Syukron wa Jazakallahu khairon” (terima kasih dan semoga Allah membalasmu dengan kebaikan). Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelaku kebaikan itu, “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”, maka ia telah tinggi dalam memujinya.” (HR. Tirmidzi).

Jika kita berbuat baik kepada seseorang, lalu orang itu mengucapkan “Syukran wa Jazaakallah“, maka jawabannya adalah “afwan wa iyyaka” (arti harfiyah: maaf dan kepadamu) yang bermakna “maaf saya hanya bisa berbuat kebaikan seperti itu dan semoga Allah pun memberi kebaikan kepada Anda). Wallahu a’lam. (ed/ddhongkong.org).*

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttp://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

Para Dai DD Harus Kedepankan Persaudaraan Penuh Kasih Sayang

DDHK.ORG -- Para dai Dompet Dhuafa (DD) diharapkan menggunakan pendekatan Islam yang rahmatan lil 'alamin, melakukan dakwah-dakwah transformatif, mengedepankan persaudaraan penuh kasih sayang, menjunjung...
Srikandi Laut Tanah Rencong

Srikandi Laut Tanah Rencong

Akademi Militer Kesultanan Aceh Darussalam sedang sibuk. Lapangan depan istana telah dihadiri ribuan warga Aceh. Mereka ingin menyaksikan peristiwa besar hari itu: wisuda lulusan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,468FansSuka
552PengikutMengikuti
262PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -