ArtikelKonsultasi

Berapa Dolar Zakat Gaji Saya?

Berapa Dolar Zakat Gaji Saya?

Assalamu’alaikum. Ustadz, saya mau bertanya.

Saya baru pertama kali bekerja di Hong Kong. Saya berniat mengeluarkan zakat atas gaji hasil kerja selama 2 tahun dan masih ada potongan gaji 6 bulan. Kurang lebihnya, berapa dolar zakat yang harus saya keluarkan?

Syukron, Ustadz.

Salam, Fulan/Fulanah

JAWAB:

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Jazaakallah atas pertanyaannya. Harta penghasilan dari setiap usaha atau gaji yang kita terima, ada hak untuk dikeluarkan dan dibagi akan kepada para mustahik zakat.

Tidak semua harta yang kita miliki wajib dizakatkan. Ada syarat atau ketentuannya. Di antaranya adalah telah mencapai nishab atau batas minimal. Para ulama sepakat harta yang kita terima atau simpan mencapai senilai 85 gram emas, maka wajib dikeluarkan zakatnya 2,5 persen.

Kalau 1 gram dikurskan senilai Rp800 ribu, atau setara HK$400, maka harta 85 gram emas senilai Rp68 juta atau HK$34,000/tahun. Atau, rerata Rp5,6 juta atau setara HK$2,900/bulan maka wajib dikeluarkan zakatnya 2,5 persen.

Jadi, kalau ada potongan selama 6 bulan dan nilainya masih di atas HK$2,900/bulan maka zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5 persen. Namun kalau dalam masa potongan yang diterima di bawah HK$2,900 makan tidak wajib berzakat, namun bisa berinfak atau bersedakah tanpa ditentukan nilainya.

Semoga Allah SWT ridhai dan berkahi rizki yang diberiNya.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Salam!

[Dijawab oleh: Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim]

..

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHK News]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×