fbpx
20.6 C
Hong Kong
28 Januari 2021

Bencana: Ujian Iman dan Kepedulian

- Advertisement -

pengungsi_kelud_pulangBencana atau musibah adalah kedukaan, kesusahan, kesengsaraan, kesulitan, dan tentu sangat tidak dikehendaki. Namun, bencana adalah skenario Allah SWT.

Di balik bencana ada kasih sayang-Nya dan kebaikan. Bahkan, sabda Nabi Saw, “Orang yang Allah inginkan kebaikan atasnya maka akan diberinya musibah.” (HR. Bukhari).

”Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu mencintai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui” (QS. Al-Baqarah:216).

Musibah diturunkan-Nya untuk kebaikan agar manusia tersadarkan atas segala kekhilafannya dan kian mendekat kepada-Nya (taqorrub ilallah). Musibah, bagi seorang mukmin, akan menjadi kebaikan karena ia akan bersabar dan kesabaran itulah yang menjadi kebaikan (pahala dan ridha Allah SWT).

“Sungguh indah perkara orang-orang mu’min itu, terdapat kebaikan baginya dalam segala hal dan ini hanya untuk orang-orang mu’min. Jika ia mendapat nikmat, maka ia bersyukur kepada Allah dan hal itu baik untuknya. Bila ia mendapat musibah, maka ia bersabar dan hal itu lebih baik baginya” (HR. Muslim).

Ujian Kepedulian
Kepedulian kita benar-benar diuji dengan maraknya bencana belakangan ini. Semua bencana itu pun menjadi kebaikan bagi korban yang tabah dan bagi orang yang peduli. Bencana pun menjadi ladang amal saleh jika disikapi dengan kepedulian.

Islam mengajarkan umatnya untuk peduli, membantu sesama yang dalam kesulitan. Peduli merupakan karakter kaum beriman; cermin keimanan kepada Allah SWT. Seorang mukmin adalah penolong bagi mukmin lain.

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain….” (QS. At-Taubah:71).

”Tidak sempurna iman seorang di antara kalian sampai ia mencintai untuk saudaranya (sesama Muslim) seperti ia mencintai untuk dirinya sendiri” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Hibban, dll.)

“Seorang mukmin bagi mukmin yang lain ibarat satu bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya. Kemudian Rasulullah menggenggam jari-jemarinya.” (HR.Bukhari & Muslim).

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam rasa cinta mereka, kasih-sayang mereka, dan kelemah-lembutan mereka bagaikan satu tubuh. Apabila salah satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya merasakan sakit dengan tidak tidur dan demam” (HR. Muslim dan Ahmad).

BACA JUGA:  Zakat Profesi atau Penghasilan
BACA JUGA:  Ibu Tidak Mau Tinggal dengan Anak-Mantu, Durhakakah Jika Tidak Bisa Merawatnya?

Balasan bagi Yang Peduli
“Siapa yang berjalan untuk membantu saudaranya sesama muslim, maka Allah akan menuliskan baginya suatu kebaikan dari tiap langkah kakinya sampai dia pulang dari menolong orang tersebut. Jika dia telah selesai dari menolong saudaranya tersebut, maka dia telah keluar dari segala dosa-dosanya bagaikan dia dilahirkan oleh ibunya, dan jika dia ditimpa kecelakaan (akibat menolong orang tersebut), maka dia akan dimasukkan ke dalam surga tanpa hisab” (HR. Abu Ya’la).

“Sesungguhnya Allah akan menolong seseorang hamba selama hamba itu suka menolong orang yang lain”
(HR Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi).

“Siapa yang memudahkan orang yang  lain dari suatu bencana maka Allah akan memudahkan kesusahannya nanti pada hari kiamat dan sesiapa yang menutup aib  saudaranya di dunia, maka Allah akan menutup aibnya di hari kiamat, dan siapa yang membukakan kesempitan orang yang  lain maka Allah akan melapangkan kesempitannya di hari  kiamat nanti “ (HR. Thabrani ).

“Sedekah itu akan menyejukkan kepanasan dalam kubur dan akan memberikan perlindungan di hari kiamat” (HR. Thabrani ).

“Siapa yang bersikap ramah kepada orang lain dan meringankan beban hidupnya baik sedikit maupun banyak, maka kewajiban bagi Allah untuk memberikan kepadanya pelayanan dengan pelayanan surga” (HR. Thabrani).

Demikian Islam mengajarkan persaudaraan (ukhuwah Islamiyah), kepedulian, dan mendorong kita untuk membantu sesama yang tengah dalam kesulitan. Semoga kita lulus dari ujian ini. Amin! Wallahu a’lam.*

REKENING & HOTLINE DOMPET DHUAFA HONG KONG:

BNI Hong Kong Branch – Nomor Rekening : 004054-0103 (Bank code 066 910) 2788 atau
Bank Mandiri Hong Kong Branch – Nomor Rekening : 607 00 0000234 2 (swift code BMRIHKHH)

a.n. Dompet Dhuafa Association Limited.

Konfirmasi pengiriman ke telepon 3119 4707 atau SMS 6385 7878.

Kantor DDHK: Man Man Mansion, Jardine Bazaar No. 45 Lt. 14, Causeway Bay, Hong Kong. Tlp. 31194707, 63439047.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

DDHK Newshttps://ddhk.org
Alamat: Flat D, 3/F Lei Shun Court, 116 Leighton Rd, Causeway Bay, Hong Kong
Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

Majelis Pengajian DWP KJRI Hong Kong Titip Donasi Bencana ke DDHK

DDHK.ORG -- Majelis Pengajian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Al-Falah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Rabu (27/01/2021) menyerahkan donasi kemanusiaan kepada Dompet Dhuafa...
5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

5 Manfaat Makan Singkong untuk Kesehatan

DDHK.ORG -- Singkong sering dicap sebagai makanan 'ndeso' karena umum digunakan masyarakat pedesaan sebagai makanan pokok dan kudapan. Di berbagai restoran China dan Thailand...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

29,371FansSuka
483PengikutMengikuti
232PelangganBerlangganan
- Advertisement -

KABAR TERBARU

- Advertisement -
×