ArtikelKonsultasi

Benarkah Arah Tempat Tinggal Menentukan Baik atau Buruknya Rumah Tangga Kita?

DDHK.ORG – Benarkah Arah Tempat Tinggal Menentukan Baik atau Buruknya Rumah Tangga Kita?

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, saya mau bertanya.

Apakah benar, arah tinggal kita bisa menentukan baik atau buruknya rumah tangga kita nantinya? Contohnya, anak sulung tidak baik kalau menikah dengan gadis yang arah rumahnya ngidul ngetan (selatan timur).

Terima kasih, Ustadz.

Salam, Fulanah

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركات

Bismillah… Saudariku yang dirahmati Allah, perkara yang paling penting dalam hidup ini adalah iman yang bersih dan lurus. Diantara bentuk keimanan kita adalah percaya penuh bahwa kebaikan dan keburukan semuanya datang dari Allah. Dalam urusan jodoh pun kita harus menyerahkan kepada Allah dan tentu dengan ikhtiar yang benar.

Beredar di sebagian masyarakat kita bahwa anak sulung tidak baik menikah dengan calon pasangan yang rumahnya menghadap ke timur atau selatan. Atau ada juga yang beranggapan jika anak sulung laki-laki baik sekali jika menikah dengan anak bungsu perempuan, ddan sebagainya.

Tentu semua itu anggapan yang tidak benar jika hanya dikaitkan dengan prediksi dan sangkaan manusia belaka. Karena seakan-akan orang tersebut sudah menentukan garis nasibnya. Padahal Allah lah yang menentukan nasib manusia. Hal tesebut dilarang dalam Islam karena termasuk bentuk thiyarah (memprediksi kesialan).

Padahal thiyarah termasuk jenis kesyirikan kepada Allah Subhãnahu wata’ala.

Rasulullah shallallãhu alaihi wasallam bersabda:

الطيرة شرك، وما منا إلا ولكن الله يذهبه بالتوكل (رواه أحمد)

“Thiyarah adalah syirik, tidaklah di antara kita melainkan Allah akan menghilangkannya (thiyarah) dengan tawakkal”. (H.R. Ahmad)

Tawakkal yang benar kepada Allah, insyaallah akan hilangkan keraguan, kegalauan, kesedihan. Kesulitan akan dijauhkan dan tentunya jodoh terbaik akan didekatkan tanpa harus menentukan arah rumahnya.

Wallâhu a’lam bish-showâb.

Semoga bermanfaat.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Dijawab oleh: Ustadz Very Setiyawan, Lc., S.Pd.I., M.H.)

#SahabatMigran ingin berkonsultasi seputar masalah agama Islam dan persoalan kehidupan? Yuk, sampaikan pertanyaannya melalui pesan WhatsApp ke nomor +852 52982419. [DDHKNews]

Tinggalkan Komentar

Baca juga:

×